comscore

PLN Ajak Pihak Swasta Bangun SPKLU, Ini Tawarannya!

Ekawan Raharja - 07 Januari 2022 11:00 WIB
PLN Ajak Pihak Swasta Bangun SPKLU, Ini Tawarannya!
SPKLU milik PLN di Lampung. PLN
Jakarta: Pemerintah berupaya membangun membangun sebanyak mungkin stasiun pengisian kendaraan listrik untuk umum (SPKLU) sehingga diharapkan mencapai 2,19 juta unit di tahun 2030. untuk mempercepat pengadaan SPKLU tersebut, PLN mengajak pihak swasta untuk bersama berkolaborasi membangun SPKLU dengan skema partnership bagi hasil.
 
"Pemerintah menargetkan pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik untuk umum (SPKLU) sebanyak 572 unit dengan asumsi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) R4 sebanyak 125 ribu unit pada Tahun 2021, dan 31.859 unit SPKLU pada Tahun 2030 dengan asumsi KBLBB R4 sebanyak 2,19 juta unit pada Tahun 2030," ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Ida Nuryatin Finahari, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM.
 
Dalam rangka mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan keekonomian usaha penyediaan SPKLU, Pemerintah telah menetapkan Insentif Tarif Curah kepada Badan Usaha sebesar Rp714/kWh untuk Badan Usaha SPKLU untuk dijual kembali dengan Tarif Layanan Khusus sebesar Rp2.475/kWh.
 
Selain itu, Pemerintah juga memberikan beberapa insentif berupa keringanan biaya penyambungan atau jaminan langganan, serta pembebasan rekening minimum selama dua tahun pertama bagi Badan Usaha SPKLU dan pemilik instalasi listrik privat yang digunakan untuk pengisian angkutan umum.
 
Selanjutnya, untuk mempercepat pembangunan SPKLU, PLN mengajak pihak swasta melalui program kerja sama partnership berdasarkan bagi hasil atau sharing economic value. Diinformasikan Direktur Niaga Dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero), Bob Saril, saat ini sudah sekitar 60 pihak swasta yang telah mengajukan untuk membangun SPKLU dengan skema ini.

Halaman Selanjutnya
  "Saat ini tidak kurang…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id