Teknologi Otomotif

    Mengenal 3 Sistem Rem Bus & Truk Jumbo

    Ekawan Raharja - 22 Juni 2021 12:00 WIB
    Mengenal 3 Sistem Rem Bus & Truk Jumbo
    Ilustrasi. Isuzu



    Jakarta: Kendaraan komersial, khususnya bus dan truk, memiliki ukuran yang besar dan bobot yang lebih berat jika dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Kondisi ini kemudian membuat produsen otomotif membuat sistem pengereman yang berbeda jika dibandingkan kendaraan penumpang yang banyak digunakan masyarakat umumnya.

    Dikutip dari Autogear.id, sistem pengereman truk sebenarnya juga terbagi dalam beragam pilihan, dimana secara garis besar terdapat tiga sistem pengereman yang ada pada berbagai truk yang diproduksi. Ketiga sistem pengereman tersebut adalah;

    1. Hidrolik

    Untuk sistem pengereman tipe hidrolik, komponennya menggunakan minyak rem. Sehingga bisa dibilang, gaya pengeremannya tergantung pada kekuatan pijakan kaki.

     



    “Selain dipengaruhi kuat atau lemahnya pijakan kaki pengemudi, sistem pengereman model hidrolik ini juga sering dibantu dengan booster. Kemudian, karena model rem ini memakai cairan, maka dalam mengecek kebocorannya juga relatif lebih mudah,” ucap Technical Warranty Dept. Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Reiner Tandiono.

    2. Air Over Hydraulic (AOH)

    AOH merupakan sebuah sistem pengereman gabungan dari rem hidrolik dan pneumatic (udara). Untuk diketahui sekilas, sistem pneumatic berfungsi menekan piston silinder yang nantinya dapat menekan kampas rem secara hidrolis.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id