Bantu Korban Semeru, FIN Komodo Kirim 2 Mobil Medevac

    Ahmad Garuda - 07 Desember 2021 22:40 WIB
    Bantu Korban Semeru, FIN Komodo Kirim 2 Mobil Medevac
    FIN Komodo kirim dua unit mobil Medevac untuk membantu relawan melakukan evakuasi dan penanganan medis terhadap korban erupsi semeru. Ibnu S



    Letusan Gunung Semeru yang sangat dahsyat, berdampak cukup besar untuk daerah-daerah sekitarnya yang tertimpa guguran awan panas hingga lahar dingin. Hal ini membuat banyak pihak termasuk produsen kendaraan offroad nasional FIN Komodo tergerak untuk membantu.

    Mereka pun mengirim bantuan berupa mobil offroad berjenis Medevac (medical evacuation) untuk punya kemampuan melakukan evakuasi dan bantuan medis di kondisi medan berat. Terutama yang sulit dijangkau oleh kendaraan berjenis umum.

     



    "Tadi sore kami memberangkatkan dua unit FIN Komodo jenis Medevac dan tipe observer ke lokasi bencana Gunung Semeru, Lumajang. Tujuannya untuk digunakan sebagai kendaraan operasional tim relawan alumni ITS yang bergabung dengan Basarnas," ujar CEO & Founder PT. FIN Komodo Teknologi, Ibnu Susilo hari ini, Selasa (7/12/2021).

    Ibnu melanjutkan bahwa mobil ini nantinya akan diprioritaskan untuk mengangkut dan mengevakuasi korban bencana. Ia pun berharap semoga ini bisa meringankan beban para relawan bencana letusan Gunung Semeru.

    Pakai Tipe KD250X
    Adapun kendaraan Medevac dan Observer yang mereka kirim ke sana mengambil basis dari kendaraan KD250X yang mereka produksi selama ini. FIN Komodo mengubahnya dalam bentuk yang lebih sesuai dengan kebutuhan evakuasi dan penanganan medis di medan yang sulit dijangkau kendaraan biasa.

    Tujuannya adalah mempermudah pengantaran pasien atau korban bencana menuju tempat pusat kesehatan terdekat dari lokasi bencana. Diklaim, mobil ini sanggup mempersingkat evakuasi di kondisi medan non infrastruktur jadi 15 menit saja, dibanding jika perjalanan harus dilakukan dengan evakuasi berjalan kaki selama 2 jam.

    Mengusung mesin 4-stroke, berkapasitas 250 cc, mobil ini sanggup melepas torsi sebesar 17,6 Nm pada 5500 RPM dan tenaga sebesar 14 HP pada 7500 RPM. Meski dari data baik torsi dan tenaga terlihat kecil, namun fakta saat Medcom melakukan pengetesan beberapa waktu lalu, sangat bisa diandalkan untuk medan berat.

    "Memang mobil-mobil yang kami produksi sudah didedikasikan untuk menunjang kebutuhan dan mobilitas di daerah-daerah yang kondisinya masih tak tersentuh infrastruktur jalan hingga kondisi infrastruktur yang rusak. Sehingga dalam kondisi terjadinya bencana alam seperti ini, kami membantu dengan cara mengirim unit untuk digunakan para relawan."

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id