Nissan Boyong Mobil Listrik ke Indonesia Tahun Depan?

    Ekawan Raharja - 10 Maret 2019 14:05 WIB
    Nissan Boyong Mobil Listrik ke Indonesia Tahun Depan?
    Sejak tahun 2010 telah terjual sebanyak 400.000 unit, dan menjadi kendaraan listrik murni terlaris di dunia. Nissan
    Hong Kong: Nissan sudah membocorkan salah satu strategi mereka di 2020, khususnya untuk pasar Indonesia. Diketahui mereka akan menambah lini produk mereka dengan menawarkan mobil listrik kepada masyarakat Indonesia.

    Pabrikan asal Jepang ini mengumumkan akan memasarkan New Nissan Leaf di Indonesia dan Filipina pada 2020. Langkah ini diambil sebagai bukti komitmen Nissan mendorong elektrifikasi di Asia Tenggara.
    Memperluas akses terhadap kendaraan listrik ini merupakan bagian penting dari tujuan Nissan untuk meningkatkan elektrifikasi, dan sudah termaktub direncana jangka menengah Nissan M.O.V.E 2022, seperempat dari jumlah penjualan adalah kendaraan listrik. Rencana percepatan ini termasuk lokalisasi dan perakitan komponen kendaraan listrik di pasar-pasar utama Asia Tenggara.

    “Nissan memiliki upaya untuk mendorong kesadaran dan mewujudkan mobilitas yang terelektrifikasi di Asia dan Oceania. Kami menciptakan antisipasi dengan membawa New Leaf ke semakin banyak pasar di kawasan ini. Menghadirkannya ke Indonesia dan Filipina adalah langkah utama dalam upaya ini. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan pengalaman langsung atas manfaat kendaraan listrik bagi mereka sendiri dan masyarakat," ungkap Regional Senior Vice President and Head of Asia & Oceania Nissan Motor Company, Yutaka Sanada, melalui keterangan resminya.

    Selama ini, Nissan menunjukan Leaf sebagai ikon dari Nissan Intelligent Mobility. Sejak tahun 2010 telah terjual sebanyak 400.000 unit, dan menjadi kendaraan listrik murni terlaris di dunia. Tahun ini, Nissan telah memperkenalkan mobil listrik ini ke Australia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Hong Kong, dan Malaysia.

    Nissan Boyong Mobil Listrik ke Indonesia Tahun Depan?

    New Leaf yang ada sekarang ini merupakan generasi kedua, dan sudah mendapatkan penyegaran pada Maret 2018. Mulai dari motor listrik yang digunakan, saat ini hadir dengan tenaga yang mencapai 147 daya kuda. Kemudian di sektor baterai juga sudah menggunakan ukuran 40 kWh. Efeknya, akselerasi 0-100 kilometer per jam sudah cukup 8,2 detik.

    Belum diketahui rencana Nissan memasukan New Leaf ke Indonesia, akankah sepaket dengan New Leaf e+ sebagai varian teratas. Diklaim mobil ramah lingkungan ini mendapatkan paket baterai 62 kWh dan tenaga powertrain yang lebih tinggi. Powertrain baru menambah jangkauan mobil sekitar 40 persen, dengan kisaran diperkirakan hingga 226 mil (sekitar 362 km).

    Kehadiran Leaf e+ tentu menjadi pertanda bahwa keterbatasan jarak oleh mobil listrik semakin diperkecil. Beberapa mobil listrik lainnya kini menawarkan jarak yang cukup jauh seperti BMW i3 dan Chevrolet Bolt.
     
    Kini i3 saja bisa melaju hingga 153 mil atau 246,2 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Sedangkan mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh dipegang oleh Bolt dengan 383 kilometer (km) hanya dengan sekali pengisian penuh di sistem baterainya.

    Di Indonesia, Chevrolet memang adem ayem mengenai mobil listrik ini. Berbeda dengan BMW yang juga berencana memasukan i3 dalam waktu dekat ini.

    "Tunggu saja sebentar lagi. Untuk penjualan hybrid belum final, tapi pure elektrik tahun ini dihadirkan," ujar Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, di Plaza Senayan Jakarta beberapa waktu lalu.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id