Industri Otomotif

    Jualan Mobil di Tiongkok Anjlok Hingga 96 Persen

    Ekawan Raharja - 26 Februari 2020 11:22 WIB
    Jualan Mobil di Tiongkok Anjlok Hingga 96 Persen
    Penyelenggaran Beijing Motor Show 2020 ditunda. AutoChinaShow
    Shanghai: Prediksi para ahli akan turunnya penjualan mobil di Tiongkok akibat Virus Korona tampaknya terbukti. Kini, penjualan otomotif di Tiongkok benar-benar berada di fase yang buruk dan tidak berdaya menghadapi kelesuan pasar akibat Virus Korona.

    Rata-rata penjualan sekitar dua minggu pertama pada Februari 2020 hanya di tingkat 811 unit per hari. Jelas angka ini jauh dari rata-rata kondisi normal dan diklaim kondisi sekarang ini anjlog hingga 96 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Menurut Asosiasi Penumpang Mobil China (CPCA), mengakui kemerosotan penjualan ini efek dari Virus Korona dan diklaim kondisi ini hanya berlangsung sementara. Mereka berharap penjualan di bulan berikutnya naik karena lebih banyak dealer yang kembali beroperasi.

    "Hampir tidak ada orang ke dealer mobil di minggu pertama Februari karena kebanyakan orang tinggal di rumah. Sangat sedikit dealer yang buka pada minggu-minggu pertama bulan Februari dan mereka memiliki pelanggan yang sangat sedikit," ujar Sekretaris Jenderal CPCA, Cui Dongshu, Dikutip dari Carscoops.

    Hal ini tentu tidak terlepas juga dari pembatasan aktivitas masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Langkah ini diambil untuk mengurangi penyebaran Virus Korona, dan membuat masyarakat lebih banyak memilih untuk berada di rumah.

    Sebagai tanggapan terhadap masalah ini, merek Geely bahkan menggelar layanan penjualan secara online dan mengirimkannya ke garasi rumah pelanggan. Dikutip dari Reuters tujuan produsen mobil asal Tiongkok melakukan penjualan secara online untuk menarik pembeli yang enggan keluar rumah karena takut terpapar Virus Korona. Bahkan perusahaan itu juga menawarkan layanan test drive di lingkungan sekitar calon pembeli potensial, dengan berkoordinasi dengan dealer terdekat.

    "Konsumen dapat lebih mudah memilih mobil yang diinginkan hanya dengan mengunjungi situs resmi Geely," kata Pejabat senior Geely Victor Yang.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id