Teknologi Otomotif

    Piston Hasil Produksi Printer 3D Mampu Dongkrak Performa

    Ekawan Raharja - 17 Juli 2020 08:39 WIB
    Piston Hasil Produksi Printer 3D Mampu Dongkrak Performa
    Porsche kini kembangkan produksi piston dengan menggunakan printer 3D. Porsche
    Stuttgart: Pembuatan piston untuk komponen di dalam mesin biasanya menggunakan alat berat untuk mencetaknya. Seiring dengan perkembangan teknologi, ternyata komponen ini sekarang sudah bisa diproduksi dengan menggunakan printer 3D.
     
    Sekarang ini Porsche sedang melakukan riset mencetak piston dengan menggunakan printer 3D. Nantinya piston tersebut akan digunakan untuk model Porsche 911 GT2 RS, seperti dikutip dari Carscoops.
     
    Piston Hasil Produksi Printer 3D Mampu Dongkrak Performa

    Pabrikan sport car asal Jerman ini bekerja sama dengan Mahle and Trumpf membuat piston dengan memakai bahan serbuk metal dan proses laser metal fusion untuk memproduksi benda. Proses ini meliputi pemanasan dan mencairkan serbuk metal melalui laser, kemudian membentuknya melalui printer 3D.
     
    Berkat proses produksi ini membuat piston lebih ringan 10 persen. Selain itu pabrikan juga mungkin untuk memaksimalkan pembakaran dan menurunkan beban suhu di piston, yang berefek meningkatnya tenaga hingga 30 persen.
     
    Piston Hasil Produksi Printer 3D Mampu Dongkrak Performa

    "Berkat piston baru yang lebih ringan, kami dapat meningkatkan kinerja mesin menjadi lebih cepat, menurunkan suhu piston dan mengoptimalkan pembakaran. Ini memungkinkan untuk meningkatkan performa mesin twin-turbocharged 911 GT2 RS hingga 30 daya kuda dari awalnya 690 daya kuda. Di saat yang sama efisiensi juga tentu akan meningkat," jelas anggota Porsche Advance Drive Development Department, Frank Ickinger.
     
    Mungkin bagi yang belum familiar, printer 3D ini mampu membuat atau memproduksi benda padat tiga dimensi dari suatu desain digital. Kalau sekarang ini printer-printer yang ada atau lazim digunakan untuk mencetak dokumen merupakan printer 2D.
     
    Bila proses ini sukses, bukan tidak mungkin Porsche bisa memangkas lebih besar biaya produksinya. Terlebih mereka bisa menghemat tempat, waktu, dan biaya untuk alat-alat berat yang bisa digunakan untuk membuat komponen mobil.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id