Industri Otomotif

    Civic Sedan Stop Jualan di Jepang, Indonesia Tetap Lanjut

    Ekawan Raharja - 11 Juli 2020 08:02 WIB
    Civic Sedan Stop Jualan di Jepang, Indonesia Tetap Lanjut
    Honda Civic sedan turbo. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Nasib Honda Civic sedan sudah diujung tanduk. Rencananya pabrikan asal Jepang itu akan menghentikan pemasaran Civic model sedan di Negeri Matahari Terbit tersebut.
     
    Hal ini tidak terlepas dari buruknya penjualan Civic model empat pintu tersebut di Jepang. Mengingat pasar di sana cukup sulit, dan model sedan kini bukan menjadi favorit bagi masyarakat sana.
     
    Menurut Rushlane, penjualan Civic sedan di Jepang hanya 1.619 unit periode Maret 2019 - April 2020. Sedangkan penjualan keicar Honda menunjukkan hasil lebih baik, misalnya Honda N-Box Kei yang lebih dari 250 ribu unit selama periode serupa.
     
    Keputusan Honda menghentikan penjualan mengulang sejarah sebelumnya. Penjualan Civic pernah dihentikan di Jepang pada 2010, kemudian hadir kembali pada 2017. Hal serupa juga terjadi di India, saat penjualan sedan ini berhenti pada 2013, lalu dijual kembali pada Maret 2019.
     
    Faktor lain kenapa Civic kurang diminati yakni lalu lintas padat di kota-kota Jepang, kekurangan tempat parkir, dan pajak lebih tinggi yang diterapkan pemerintah setempat bagi mobil berdimensi besar. Honda disebut akan menghentikan produksi Civic di Jepang pada Agustus 2020.
     
    Namun untuk model Civic Type R dan Civic hatchback lima penumpang akan terus dijual di Jepang dengan mengandalkan impor dari Inggris.
     
    Indonesia akan Tetap Jualan Civic Sedan
    Meski model sedan tidak dijual lagi di negeri asalnya, namun Indonesia tetap akan memasarkan model tersebut. Bahkan menurut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengakui belum ada rencana untuk menghentikan penjualan model sedan.
     
    "Jadi kalau mobil itu eksis tergantung tempat masing-masing kalau permintaan sudah tidak ada mungkin. Tapi di Indonesia masih bagus, sebelum pandemik sedan 120-140 sebulan untuk hatchback 100-120 jadi masih 200-an sebulan," terang Billy melalui webinar.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id