Sedia Apar di Mobil Antisipasi Kebakaran

    Ekawan Raharja - 22 Oktober 2019 12:30 WIB
    Sedia Apar di Mobil Antisipasi Kebakaran
    APAR ukuran 3 kilogram sebaiknya tersedia di mobil. Hyundai
    Jakarta: Belakangan ini sering terjadi kasus mobil kebakaran karena banyak sebab, biasanya dikarenakan korsleting. Mencegah mobil dilalap si jago merah, alangkah baiknya pemilik mobil menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil.
     
    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menyarankan sebaiknya wajib ada di mobil untuk mencegah kebakaran. Sayangnya hingga saat ini tidak ada peraturan yang mewajibkan di dalam mobil menyediakan APAR.
     
    "APAR memang belum menjadi standar di mobil-mobil kita umumnya. Masyarakat Indonesia lebih mending dananya untuk modifikasi.
     
    APAR sudah harus wajib ada di mobil-mobil kita mengingat kebutuhan akan banyaknya kecelakaan yang berakibat kebakaran atau modifikasi yang tidak berstandar pabrik," ungkap Sony Susmana Selasa (22/10/2019) kepada Medcom.id.
     
    Soal ukurannya, Sony menyarankan sebaiknya menyediakan ukuran 2,5 kilogram di mobil. Untuk peletakannya sebaiknya di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak mengganggu saat mengemudi. "Idealnya 2,5 kilogram, di bawah itu kurang efektif."
     
    Ingat juga bahwa APAR punya masa kadaluarsa, seperti dikutip dari laman resmi Hyundai. Di tabung kemasan APAR biasanya terdapat tanggal masa berlaku untuk menjelaskan usia pakai cairan ataupun bubuk pemadam api yang terdapat di dalamnya.
     
    APAR yang habis masa berlakunya atau sudah kadaluarsa biasanya daya semprot dan fungsi cairan pemadam api yang keluar akan berkurang. Sehingga kemampuannya untuk menjinakan api sudah mulai berkurang.
     
    Jadi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan APAR di mobil kesayangan. Simpan di bawah jok bagian sopir atau penumpang depan atau belakang.
     
    Tanah Goshen Permai, Penjual APAR di Serpong Tangerang, memasarkan model ABC Powder Bertekanan Portable ukuran tiga kilogram dengan harga Rp450 ribu. Sedangkan untuk isi ulangnya saja dibanderol Rp143 kilogram.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id