Mobil Kompak Bertampang Kekar ala Mitsubishi di TMS

    Ahmad Garuda - 23 Oktober 2019 16:07 WIB
    Mobil Kompak Bertampang Kekar ala Mitsubishi di TMS
    MI-Tech Concept salah satu andalan Mitsubishi di ajang Tokyo Motor Show. Mitsubishi
    Tokyo: Pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS), selalu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu pabrikan otomotif Jepang untuk meluncurkan produk anyar. Mitsubishi salah satu yang memanfaatkan momentum tersebut dengan mengumbar mobil konsep berdimensi kompak.

    Tidak tanggung-tanggung, mereka memboyong dua mobil kompak. Mobil pertama yaitu MI-Tech Concept bertenaga listrik dan Super Height K-Wagon Concept yang masih menggunakan mesin konvensional. Kedua mobil ini sama-sama memiliki dimensi mungil, namun untuk versi kei car Wagon, didedikasikan untuk kapasitas ruang kabin yang lebih besar.

    "Komitmen kami dalam teknologi elektrifikasi otomotif termasuk plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sangat besar. Kami akan mengembangkan line-up produk mobil listrik ini dengan ragam model dan varian yang memang dibutuhkan untuk membuat Mitsubishi ini jadi pemimpin dalam teknologi elektrifikasi otomotif," klaim CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Takao Kato dalam pernyataan resminya.

    Mobil Kompak Bertampang Kekar ala Mitsubishi di TMS

    Namun, bukan hanya mobil berdimensi kompak saja yang mereka boyong ke pameran otomotif tersebut. Melainkan juga ada versi panjang dari Outlander PHEV yang mereka namakan dengan Engelberg Tourer. Berikut detail dua mobil konsep dan versi panjang Outlander tersebut.

    MI-Tech Concept
    Mobil ini mengusung konsep buggy dengan dimensi yang kecil. Meski tidak disebutin dimensinya secara detail, namun dari sisi fitur dan sajian teknologi yang ada di mobil tersebut, bisa dibilang sangat advanced. Mengingat mobil tersebut punya semi-autopilot di berbagai kondisi jalan. Teknologi seperti display yang mampu menunjukkan ragam informasi bakal membantu pengemudi mobil ini untuk mengetahui kondisi sekitar kendaraan.

    Mobil Kompak Bertampang Kekar ala Mitsubishi di TMS

    Terpenting adalah mesin penggeraknya tersemat mesin konvensional ramah lingkungan (kapasitas cc tidak disebutkan) berpadu dengan motor listrik yang jelas tidak menghasilkan emisi gas buang. Ciri khas brand tersebut pun terdapat di sana, lantaran mobil ini sudah dilengkapi dengan penggerak roda untuk kesemua roda seperti halnya Outlander PHEV.

    Super Height K-Wagon Concept
    Dimensi mungil yang juga terlihat di mobil ini, sepertinya memang jadi andalan brand tersebut. Namun jika melihat kecenderungan pasarnya, mobil ini kemungkinan bakal dipasarkan hanya di Jepang. Mitsubishi mengklaim bahwa kekuatan mobil ini terdapat di ruang kabin yang lebih lapang.

    Mobil Kompak Bertampang Kekar ala Mitsubishi di TMS

    Engelberg Tourer
    Seperti resume yang saya jelaskan di atas, bahwa ini adalah versi panjang dari Outlander PHEV, sepertinya juga bakal cocok untuk diboyong ke Indonesia. Mengingat mesin konvensionalnya masih dipertahankan namun teknologi mobil listrik melekat sangat kuat.

    Meski menggunakan sistem penggerak all wheel drive (AWD), namun mobil ini punya jarak tempuh yang sangat jauh. Dari data yang dirilis pabrikan tersebut, bahwa Engelberg Tourer sanggup menempuh total jarak lebih dari 700 km untuk kombinasi penggunaan mesin bakar dan mesin listriknya.

    Mobil Kompak Bertampang Kekar ala Mitsubishi di TMS

    Selain Mitsubishi, beberapa merek Jepang lainnya juga meluncurkan mobil ramah lingkungan versi terbarunya. Misalnya Honda dengan Fit yang merupakan Jazz versi terbaru yang wajahnya kini punya karakter berbeda. Lalu ada juga Nissan Ariya yang menyasar segmen mobil SUV kompak atau crossover. Tak kalah heboh adalah Kawasaki yang mengenalkan ZX-25R yang merupakan motor berkapasitas mesin 250cc namun dengna konfigurasi 4 silinder.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id