Mobil Dinas Menteri di Filipina, Pakai Avanza dari Indonesia?

    Ekawan Raharja - 22 Agustus 2019 17:16 WIB
    Mobil Dinas Menteri di Filipina, Pakai Avanza dari Indonesia?
    Rodrigo Duterte menyerukan para menterinya menggunakan Toyota Avanza sebagai mobil dinas. Toyota
    Filipina: Pemerintah berencana mengganti mobil dinas para menterinya dengan model baru. Tentu yang ada dalam bayangan soal mobil apa yang bakal digunakan nanti, tidak akan jauh dari mobil-mobil mewah dan berkelas. Tetapi di Filipina, siapa sangka jika mobil buatan Indonesia jadi mobil dinas Kementerian.

    Diketahui sejak 2016, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menyerukan kepada keluarga dan jajaran menterinya menanggalkan kemewahan yang ada. Bahkan untuk urusan mobil dinas sehari-hari mengandalkan Toyota Avanza.

    Avanza yang dimaksud ini tentu tak lain dan tak bukan adalah multi purpose vehicle (MPV) yang menjadi mobil sejuta umat di Indonesia yaitu Toyota Avanza. Mobil keluarga ini di produksi di pabrik Astra Daihatsu Motor, dan diekspor di bawah lisensi Toyota.

    "Iya, Avanza Indonesia diekspor ke Filipina sejak Desember 2006," tulis General Manager External Affairs Division PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Teguh Trihono, melalui pesan singkatnya Medcom.id (22/8/2019).

    Dikutip dari Asian Correspondent dan inquirer.net, mengganti mobil para menteri yang sekelas dengan Toyota Camry berubah menjadi Avanza. Alasannya adalah agar para menteri tidak menghambur-hamburkan uang rakyat dan efisiensi anggaran biaya.

    Rodrigo Duterte memang terkenal cukup keras dan sangat berpegang teguh terhadap nilai-nilai sederhana yang dipegangnya. Bahkan dia pernah tanpa segan menghancurkan mobil dan sepeda motor mewah pada 2018 dengan jumlah mencapai 800 unit. Kendaraan-kendaraan ini merupakan hasil dari penyelundupan dan bentuk komitmen dia melawan korupsi.

    Jika membandingkan harga antara Camry dan Avanza jelas jauh sekali selisihnya. Melirik harga Toyota Indonesia, All New Camry dipasarkan dengan harga mulai dari Rp616,150 juta (on the road Jakarta). Kemudian untuk Avanza dibanderol dengan harga mulai dari Rp191,1 juta sampai Rp239.450 juta untuk model Veloz (on the road Jakarta).

    Pemerintah Indonesia memang berencana untuk mengganti mobil kabinet menteri, dan pemenang lelang pengadaannya jatuh kepada PT Astra International TBK-TSO (Toyota Sales Operation). Ada kemungkinan para menteri akan mendapatkan All New Camry atau bahkan melanjutkan menggunakan Toyota Crown Royal Saloon yang sudah digunakan sebelumnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id