Mercedes-Benz EQV, MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia

    Ekawan Raharja - 26 Agustus 2019 15:53 WIB
    Mercedes-Benz EQV, MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia
    EQV mengadopsi mesin listrik ringkas (eATS) dengan tenaga 201 dk dan torsi puncak 362 Nm. Mercedes-Benz
    Jerman: Mercedes-Benz EQ tampaknya tidak terpaku mengembangkan mobil listrik untuk sedan dan sport utility vehicle (SUV) saja. Baru-baru ini mereka menunjukan kemampuan mengembangkan mobil listrik dengan memamerkan Mercedes-Benz EQV.

    Sudah jelas dari desainnya, EQV memiliki basis pengembangan dari V-Class model teranyar. Ada sejumlah ubahan yang dilakukan untuk penyesuaian, khusus di sektor dapur pacu.

    Mercedes-Benz EQV, MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia

    Mobil bebas emisi ini mengadopsi mesin listrik ringkas (eATS) dengan tenaga 201 dk dan torsi puncak 362 Nm. Catatan kecepatan tertinggi yang bisa diraih mesin listriknya mencapai 160 kilometer per jam.

    Kumparan listrik yang berada di bawah kap mesin ini, disokong tenaga dari baterai lithium ion berkapasitas 90 kWh yang diletakan di bawah lantai. Diklaim tenaga yang ditawarkan cukup untuk mengantarkan mobil sejauh 405 kilometer. 

    Mercedes-Benz EQV, MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia

    Baterai ini memiliki teknologi water-cooled on-board charger (OBC) yang dapat diisi melalui pengisian daya bertegangan 11 kW. Sehingga sangat memungkinkan pengisian daya AC baterai di rumah menggunakan wallbox atau di stasiun pengisian listrik umum. Bahkan bila menggunakan tegangan yang lebih besar mencapai 110 kW, kapasitas baterai 10-100 persen cukup dilakukan satu jam.

    Urusan desain tidak banyak berbeda dengan V-Class bermesin bensin. Di depan masih mengandalkan headlamps LED dan DRL yang dihubungkan grill berukuran besar. Perbedaan tampak di bumper depan karena lubang catu daya diletakan di samping kiri bumper depan.

    Mercedes-Benz EQV, MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia

    Pintu juga masih menggunakan model geser elektrik untuk memberikan kemudahan penumpang akses ke kabin. Sedangkan dalamnya hadir dengan aksen soft touch berwarna biru dan hitam, kulit nappa, dan lampu ambient. Di konsol tengah terdapat sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang akan menyajikan hiburan selama perjalanan dan data kendaraan. Sistem MBUX mencakup fitur multimedia, sistem navigasi, telepon nirkabel dan integrasi aplikasi Mercedes Me untuk akses fitur mobil jarak jauh menggunakan smartphone.

    Ada kemungkinan bila EQV dirakit, akan berbasis di Spanyol bersamaan dengan V-Class. Sayangnya hingga saat ini, pabrikan asal Jerman ini masih tutup mulut.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id