Populasi Avanza di Indonesia Sudah Mencapai 1,8 Juta Unit

    Ekawan Raharja - 12 Desember 2019 17:55 WIB
    Populasi Avanza di Indonesia Sudah Mencapai 1,8 Juta Unit
    Populasi Avanza sudah menembus 1,8 juta unit sejak diluncurkan 2003. Toyota
    Jakarta: Avanza bisa dibilang sebagai salah satu kendaraan yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas sejak peluncuran perdananya pada 2003 silam hingga kini, mobil keluarga ini sudah terjual lebih dari 1,8 juta unit.

    Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan mobil keluarga ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia karena mengusung model multi purpose vehicle (MPV) 7-seater yang bisa diandalkan. Bahkan sekarang saat ini, di tengah kondisi pasar yang sedang turun hingga 11 persen, saudara kembar Daihatsu Xenia ini terus diminati oleh konsumen di tanah air.

    "Di tahun ini, angka penjualan Avanza tumbuh 6,9 persen dibandingkan tahun lalu, di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1 persen segmen Low MPV. Ini membuktikan Avanza tidak hanya tetap menjadi pilihan karena mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia," ungkap Anton Jimmi Suwandy.

    Populasi Avanza di Indonesia Sudah Mencapai 1,8 Juta Unit

    Bila melihat rancang bangunnya, merek asal Jepang ini membuat mobil ini dengan mengusung konsep kendaraan serba guna yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan dan mendukung berbagai macam aktivitas masyarakat Indonesia. Spesifikasi dan performa dasar seperti ground clearance yang ideal, mesin yang irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem penggerak roda belakang (RWD) telah menjadi faktor penting dalam mengakomodir beragam budaya masyarakat dan juga kondisi infrastruktur jalan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

    Bahkan anak usaha Astra Group ini harus mengakui dengan kelahiran Avanza menjadi titik awal pasar LMPV semakin besar. Kemudian disusul dengan beberapa pemain lainnya seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, hingga akhirnya Wuling Confero hadir beberapa tahun belakangan.

    “Pasar Low MPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit. Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit," sambung Anton Jimmi Suwandy.

    Hingga kini pasar MPV, khususnya LMPV, masih menjadi kontributor terbesar pasar otomotif di Indonesia. Menuju 2020, akankah Toyota menghadirkan generasi terbaru Avanza usai model yang ada sekarang ini sudah bertahan sejak 2011?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id