Edukasi Teknologi Mobil Listrik, Penting sebelum Regulasi Ada

    Ekawan Raharja - 08 Februari 2019 12:41 WIB
    Edukasi Teknologi Mobil Listrik, Penting sebelum Regulasi Ada
    Beberapa merek sudah giat melakukan sosialisasi mobil listrik kepada konsumen di Indonesia. Mercedes-Benz
    Jakarta: Pemerintah hingga saat ini belum mengesahkan regulasi kendaraan listrik dan sudah banyak pihak yang menanti regulasi ini. Bahkan untuk beberapa pabrikan sudah mulai melakukan edukasi mengenai teknologi kendaraan listrik meski regulasinya belum keluar.

    Di mobil, sekarang ini ada Mercedes-Benz dan BMW yang cukup getol melakukan sosialisasi mobil listrik kepada masyarakat Indonesia. Mereka tidak hanya sekadar menghadirkan mobilnya saja, namun juga menunjukan infrastruktur mobilnya tersebut.
    BMW seperti diketahui menawarkan BMW i8 yang mengusung teknologi plug-in hybrid. Teknologi ini mengkombinasikan mesin pembakaran internal dengan motor listrik, dan efeknya memiliki performa mencapai 362 daya kuda.

    Edukasi Teknologi Mobil Listrik, Penting sebelum Regulasi Ada

    Sedangkan Mercedes-Benz beberapa waktu lalu sudah memperkenalkan teknologi plug-in hybrid melalui EQ Power belakangan ini. Uniknya meski mereka belum menjual mobil berteknologi listrik di Indonesia, hanya saja Mercedes-Benz sudah mempersiapkan stasiun pengecasan listriknya.

    "Kami sudah ada pengecasan listrik di Plaza Indonesia dan Cibis Nine yang kami sebut Mercedes-Benz Privilege Parking with EQ Power Charging. Buat kami lebih baik mempersiapkan dahulu fasilitas pengecasannya, karena ketika sudah dijual (mobil listrik) dan tidak ada pengecasannya maka konsumen akan bingung," ujar Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Hari Arifianto, Kamis (8/2/2019) di area Gelora Bung Karno Jakarta.

    Kemudian untuk BMW sudah membuat stasiun pengecasan di beberapa dealer resmi mereka yang memasarkan i8. Tidak ketinggalan kerjasama antara BMW dan Pertamina dengan membuat area pengecasan mobil listrik di SPBU Kuningan Jakarta.

    Edukasi Teknologi Mobil Listrik, Penting sebelum Regulasi Ada

    Sosialisasi tidak sebatas menghadirkan teknologi mobil listrik, dan memperkenalkannya melalui brosur saja. Duo pabrikan Jerman ini acap membuat beragam acara test drive untuk konsumen mereka yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan teknologi mobil listrik.

    Saat ini Mercedes-Benz sedang membuat Weekend Test Drive 2019 dari 7-10 Februari 2019 di Taman Kota Gelora Bung Karno Jakarta, dengan menu utama teknologi EQ Boost. Diakui Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, teknologi mild hybrid ini bisa menjadi sedikit demonstrasi betapa responsifnya mobil-mobil dengan teknologi listrik.

    "Kami bertahap supaya pasar terbiasa. Menyambut perkenalan Undang-Undang mobil listrik, kita perkenalan dulu EQ Boost. Nanti kalau sudah keluar Undang-Undangnya nanti akan ada EQ Power yang berteknologi Plug-in hybrid dan sudah kita siapkan beberapa kendaraan. Kalau semua sudah ada regulasi dan waktunya tepat, kita juga sudah ada full elektrik," ujar Kerri di momen yang sama.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id