Industri Otomotif

    Indonesia Mulai Produksi Sel Baterai Kendaraan Listrik Tahun 2024

    Ekawan Raharja - 15 September 2021 16:00 WIB
    Indonesia Mulai Produksi Sel Baterai Kendaraan Listrik Tahun 2024
    Sasis E-GMP yang dikhususkan untuk mobil listrik produksi Hyundai dan Kia. Hyundai



    Jakarta: Rencana Indonesia untuk menjadi produsen baterai kendaraan listrik kini selangkah lebih maju. Hyundai dan LG secara resmi sudah mulai membangun pabrik produksi sel baterai kendaraan listrik di Indonesia dan diharapkan rampung 2 tahun ke depan.
     
    Pabrik baru untuk manufaktur sel baterai ini akan dibangun di atas sebidang tanah seluas 330.000 meter persegi. Pembangunan pabrik akan diselesaikan pada semester pertama tahun 2023, sedangkan produksi sel baterai secara massal di fasilitas baru ini diharapkan dapat dimulai pada semester awal tahun 2024.
     
    Saat beroperasi secara penuh, fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion dengan bahan katoda NCMA (nikel, kobalt, mangan, aluminium) setiap tahunnya, yang mana cukup untuk memenuhi kebutuhan 150.000 unit kendaraan listrik utuh. Selain itu, fasilitas ini juga akan disiapkan untuk meningkatkan kapasitas produksinya hingga 30 GWh agar dapat memenuhi pertumbuhan permintaan kendaraan listrik di masa yang akan datang.
     
    Sel baterai yang diproduksi di Karawang ini akan diaplikasikan pada model kendaraan listrik milik Hyundai dan Kia yang dibangun di atas platform khusus Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Pabrik baru ini akan membantu kedua merek asal Korea Selatan tersebut untuk memproduksi kendaraan dengan efisiensi, performa, dan keamanan tingkat tinggi dengan cara memasok sel baterai yang dioptimalkan untuk berbagai model kendaraan listrik utuh dari kedua perusahaan otomotif tersebut.
     
    Hyundai dan LG berharap untuk mendapatkan pasokan sel baterai kendaraan listrik yang stabil di tahun-tahun mendatang, menyusul permintaan global atas kendaraan listrik yang terus meningkat. Perusahaan otomotif asal Asia ini juga akan berkontribusi pada peningkatan efisiensi produksi pabrik didukung oleh keahliannya dalam hal manufaktur kendaraan dan kompartemen. mereka juga akan mendukung untuk memproduksi sel baterai dengan tingkat performa dan keamanan terdepan yang didukung oleh sistem pengelolaan terintegrasi.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id