Ferrari Bakal Pertahankan Mesin V12

    Ekawan Raharja - 16 September 2019 08:41 WIB
    Ferrari Bakal Pertahankan Mesin V12
    Mesin V12 di Ferrari 812 Superfast. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Frankfurt: Sejumlah produsen otomotif kini sudah mulai meninggalkan mesin blok besar, dan menggantinya dengan teknologi turbocharged atau tenaga listrik. Langkah berbeda diambil oleh Ferrari yang ternyata masih ingin mempertahankan mesin blok besar V12.

    Diketahui si Kuda Jingkrak ini masih mempertahankan mesin V12 6.500 cc naturally aspirated di lini produknya. Bahkan Ferrari baru saja menyematkannya sebagai sumber tenaga di 812 GTS dan 812 Superfast, seperti dikutip dari Carscoops.

    "Kami akan berusaha dengan mesin ini. Kami memiliki ide bagus untuk pengembannya. Kami kini sudah memiliki standar EURO 6 yang memaksa untuk menggunakan filter di GTS untuk memenuhi target emisi gas buang, khususnya di beberapa tempat seperti Tiongkok dan Amerika Serikat," ungkap Chief Technology Officer Ferrari, Michael Leiters, di Frankfurt.

    Penggunaan filter ini biasanya berimbas kepada pengurangan tenaga, dan dihindari oleh mobil-mobil dengan performa tinggi. Namun Ferrari berhasil mengakalinya, sehingga tetap menghasilkan tenaga tak kurang 789 daya kuda dan standar emisi gas buangnya tetap mencapai EURO 6.

    Ferrari meyakini standar emisi gas buang yang meningkat bukan masalah satu-satunya yang jadi penghalang pengembangan mesin V12. Batas kebisingan yang ditetapkan juga akan menambah sulit untuk pengembangan mesin blok besar di masa yang akan datang.

    "Regulasi baru yang dituangkan dalam satu setengah tahun belakangan sangat menantang buat kami, tidak sekadar level kebisingan namun cara penghitungannya semakin ketat. Ini jelas menjadi sesuatu yang kamu sebut sebagai tantangan untuk V12," lanjutnya.

    Selain itu, dia menyebutkan tantangan lainnya adalah pengembangan tenaga untuk mesin V12. Mereka menargetkan bahwa mesin ini bisa menembus hingga 800 daya kuda.

    "Sekarang ini tidak ada orang yang memerlukan mesin 800 daya kuda namun semua menginginkannya. Saya rasa kami harus memahami bagaimana memperkaya mesin dan karakteristiknya dengan berbagai cara di masa depan."



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id