comscore

Mobil AWD Lebih Aman saat Aquaplaning Ketimbang RWD, Simak Penjelasannya

Adri Prima - 17 Maret 2021 20:39 WIB
Mobil AWD Lebih Aman saat Aquaplaning Ketimbang RWD, Simak Penjelasannya
Kondisi mobil saat melibas genangan air. wrc
Jakarta: Mobil dengan sistem penggerak empat roda atau all wheel drive (AWD) jauh lebih mumpuni melibas trek offroad dengan genangan air dibandingkan mobil dengan sistem gerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). 

Kondisi mobil yang melintas di atas genangan air atau yang sering disebut aquaplaning. Situasi ini berpotensi bahaya khususnya jika mobil melaju dalam kecepatan relatif tinggi. 

 



Pasalnya genangan air menjadi pembatas antara ban dan permukaan lintasan sehingga membuat mobil akan sulit dikontrol. Namun jika jenis kendaraan yang dipakai menggunakan sistem all wheel drive (AWD) maka akan lebih mudah dikendalikan. Bagaimana penjelasan teknisnya?

Pereli senior Rifat Sungkar menjelaskan bahwa untuk lintasan offroad, mobil dengan sistem gerak 4 roda (AWD) lebih unggul karena keempat rodanya sama mencengkram permukaan lintasan. 

"Yang 4 roda lebih nge-grip. Tapi perlu diperjelas yang namanya penggerak empat roda itu ada macam-macam ada all wheel drive (AWD), ada four wheel drive (4WD), full time, part time. Pada dasarnya seperti itu," jelas Rifat. 

"Saat aquaplaning, bisa dilihat kalau AWD tetap ada kontrol. Di aquaplaning itu yang paling menderita adalah bagian depan karena membuat bagian depan mobil terangkat lalu menyusul ban belakang. Makanya mobil AWD atau 4WD justru paling aman karena empat ban masing-masing akan mencari gripnya."

"Karena gripnya di empat roda otomatis punya daya lurus yang lebih baik karena yang depan narik, yang belakang tetap ngedorong ke depan. Aquaplaning juga bisa bikin mobil side ways, saat side ways counternya itu yang biasanya bahaya. Sementara di mobil 4WD counternya itu sedikit," lanjut Rifat. 

Suami dari aktris Sissy Priscilia ini menambahkan bahwa cara kerja dan fungsi AWD/4WD inilah yang menjadi alasan kenapa mobil rally atau speed offroad memakai sistem gerak empat roda tersebut.

(ACF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id