Teknologi Otomotif

    Aplikasi Hp Ini Bisa Deteksi Kerusakan Mobil Melalui Suara

    Ekawan Raharja - 15 Oktober 2020 17:00 WIB
    Aplikasi Hp Ini Bisa Deteksi Kerusakan Mobil Melalui Suara
    Skoda kembangkan fitur khusus untuk diagnosis yang diberinama Sound Analyser. Skoda
    Mladá Boleslav: Alat diagnostik kendaraan sekarang ini sudah semakin canggih dan akurat dalam menjaga memeriksa kondisi kendaraan. Bahkan kini sudah ada alat diagnostik yang bisa mengecek kerusakan di mobil cukup melalui suara.

    Teknologi ini diberi nama Sound Analyser yang dikembangkan oleh Skoda. Hebatnya, fitur ini bisa diunduh dan diinstal di gawai dengan mudah, kemudian menjadikannya sebagai alat diagnostik kondisi mobil.

    Cara kerja fitur ini adalah merekam suara mobil dan dijadikan spectrogram, lalu membandingkannya dengan suara mobil sehat yang disimpan dalam aplikasi. Jika aplikasi tersebut menemui sesuatu yang ganjil, maka aplikasi tersebut akan menginformasikan daerah mana yang perlu dicek.

    Beberapa sistem yang ada di mobil bisa dicek kondisinya melalui Sound Analyser seperti AC, power steering, DSG Transmission, hingga memprediksi waktu untuk servis. Merek otomotif asal Ceko ini mengklaim akurasi diagnosa yang dihadirkan mencapai 90 persen.

    Penggunaan aplikasi ini juga diklaim sangat menguntungkan bagi pihak bengkel karena mengurangi waktu servis. Sedangkan bagi konsumen, mereka bisa mengecek kondisi mobil dan segera melakukan perbaikan sebelum kerusakkan parah.

    Skoda telah menguji aplikasi ini di 14 negara. Setidaknya 245 dealer terlibat dalam pengembangannya, seperti memberikan data rekaman suara agar aplikasi ini dapat belajar.

    “Sound Analyser adalah contoh kesempatan baru di era digital yang bisa Skoda ciptakan, bahkan di ranah purnajual. Kami akan terus menggunakan teknologi artificial intelligence untuk mendekatkan diri dengan konsumen, dan meningkatkan kepuasan konsumen," ungkap Head of Aftersales Skoda, Stanislav Peka?, dikutip dari Carscoops.

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id