Industri Otomotif

    Keringanan PPnBM Mobil Baru, Harga Turun Sampai Rp65 Juta

    Ekawan Raharja - 01 Maret 2021 14:00 WIB
    Keringanan PPnBM Mobil Baru, Harga Turun Sampai Rp65 Juta
    Ilustrasi. Auto2000



    Jakarta: Pemerintah sudah memulai relaksasi pajak berupa insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru per 1 Maret 2021. Akibat peraturan ini, sejumlah merek otomotif sudah melakukan penyesuaian harga dan berkurang cukup signifikan.

    Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) atas pembelian mobil baru akan dibebaskan secara bertahap mulai bulan depan. Tiga bulan pertama (Maret-Mei) insentif PPnBM mencapai 100 persen, kemudian tahap kedua (Juni-Agustus) insentif sebesar 50 persen, dan ketiga (September-November) insentif senilai 25 persen.
     
    Melihat penyesuaian harga yang didapatkan oleh Toyota dan Daihatsu nilainya bervariasi mulai belasan hingga puluhan juta. Hal ini terlepas dari besaran PPnBM untuk sejumlah model kendaraan berbeda dengan besaran pajak yang dikenakan juga berbeda.
     
    Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan ada 6 mobil yang mendapatkan keringanan PPnBM. Keenamnya adalah Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Veloz, dan Rush.
     
    Berdasarkan data yang disampaikannya, Vios H CVT menjadi model yang paling banyak mengalami penurunan harga, hingga Rp65,25 juta rupiah. Sedangkan yang paling kecil penurunan terjadi di model Avanza 1.3 G MT dengan pengurangan harga Rp13,85 juta.
    Halaman Selanjutnya
      Begitu juga dengan Daihatsu…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id