Kegiatan Sosial

    Astra Dorong Percepatan Penanganan Pasien Covid-19 di RSCP

    Ekawan Raharja - 05 Mei 2020 09:27 WIB
    Astra Dorong Percepatan Penanganan Pasien Covid-19 di RSCP
    Dukungan Astra dalam menangani penyebaran COVID-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. Astra
    Jakarta: Penanganan pasien covid-19 yang cepat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemungkinan pasien sembuh dari serangan virus tersebut. Kondisi ini kemudian menggugah sejumlah insan otomotif untuk melengkapi kebutuhan para tenaga medis, dengan berbagai alat kesehatan hingga alat perlindungan diri (APD) yang digunakan oleh para tenaga medis.

    Salah satu yang cukup aktif memberikan bantuan adalah grup otomotif Astra yang kembali Kamis (30/4/2020) menyerahkan perlengkapan medis fasilitas intensive care unit (ICU) dan isolasi ketat/high care unit (HCU) kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCP) Jakarta untuk mempercepat penanganan pasien positif COVID-19.

    Penyerahan perlengkapan medis secara bertahap kepada RSCP bagian dari bantuan tahap kedua senilai Rp30 miliar dari grup otomotif yang membawahi merek Toyota, Daihatsu, Peugeot, Honda Motor, dan bisnis otomotif lainnya. Selain RSCM Jakarta, bantuan serupa juga diserahkan kepada Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

    “Astra proaktif mendukung upaya pemerintah, masyarakat, serta tenaga medis dalam mencegah penyebaran Covid-19. Donasi bertahap tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan RSCP Jakarta dalam mempercepat penanganan pasien positif virus corona. Tentu kita semua berharap agar pandemi ini segera berakhir,” ungkap Presiden Direktur Astra, Prijono Sugiarto, melalui pesan tertulisnya.

    Perlengkapan medis yang diserahkan Astra hari ini antara lain, 20 tempat tidur ICU dan 75 tempat tidur HCU, 128 slices MSCT scan, 1 digital mobile x-ray, 20 ventilator, 95 monitor tempat tidur, 105 infusion dan syringe pump, EKG dan defibrillator, central monitor, oxygen mobile, dan kelengkapan pendukung lainnya.

    RSCP Jakarta dan Rumah Sakit Airlangga Surabaya merupakan dua rumah sakit rujukan pemerintah di dua kota terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas gedung yang belum dimanfaatkan secara penuh. Perlengkapan medis tersebut diharapkan dapat meningkatkan fasilitas medis dua rumah sakit tersebut dalam menangani pasien positif COVID-19.

    Dukungan Astra dalam menangani penyebaran COVID-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. Hingga saat ini, Astra telah menyerahkan bantuan tahap awal, kedua, dan ketiga senilai total Rp106 miliar.

    Sejumlah merek otomotif lainnya juga cukup intensif dalam membantu penanganan virus korona di Indonesia. Misalkan saja Hyundai yang menyumbangkan puluhan ribu set APD, serta memberikan paket rapid test Covid-19 dengan metode drive-thru.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id