Malaysia Bakal Ikut-Ikutan Pakai Solar B30

    Ekawan Raharja - 24 Februari 2020 11:49 WIB
    Malaysia Bakal Ikut-Ikutan Pakai Solar B30
    Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menjelaskan Negeri Jiran akan menyalurkan B30 per 2025. Petronas



    Kuala Lumpur: Indonesia sudah lama memiliki rencana menggunakan biosolar 30 (B30) dengan mencampurkan minyak nabati dari kelapa sawit. Strategi ini tampaknya tidak hanya akan diterapkan oleh Indonesia saja, bahkan Malaysia juga merencanakan menggunakan formula yang sama untuk solar yang diedarkan di sana.

    Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, menjelaskan Negeri Jiran akan menyalurkan B30 per 2025. Untuk menuju ke sana, mereka pun tidak sembarangan langsung loncat menuju ke sana.

     



    Negara tetangga ini sudah memulai program B10 pada Februari 2019, kemudian beralih ke B20 pada Kamis (20/2/2020). Penyaluran B20 sudah dimulai dari distribusi di Langkawi dan Labuan sejak bulan lalu. Sementara secara bertahap mulai dilakukan di Serawak pada April dan Sabah pada Agustus, sedangkan di Semenanjung Malaysia pada Juni 2021, dikutip dari Paultan.

    Motif penggunaan B30 oleh mereka juga sama seperti Indonesia, mendorong penggunaan domestik minyak sawit. Pemerintah setempat menargetkan konsumsi minyak sawit meningkat menjadi 1,3 juta ton per tahun dari sebelumnya 534 ribu ton per tahun.

    Malaysia cukup berani memasuki B30 mengingat mereka salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, selain Indonesia. Mereka juga terinspirasi akan B30 tidak terlepas dari strategi Indonesia yang menggunakan B30 sejak Desember 2019.

    Bahkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ingin program biodiesel terus ditingkatkan dan tak berhenti di B30. "Setelah B20, kita masuk ke B30. Bagus, tapi tidak cukup hanya sampai B30. Tadi saya sudah perintahkan lagi ke Menteri BUMN dan Dirut Pertamina tahun depan ke B40, awal 2021 ke B50," kata Jokowi di SPBU MT Haryono saat peresmian penyaluran B30.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id