Jalan Tol

    Pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere Mencapai 81 Persen

    Ekawan Raharja - 12 Februari 2020 18:30 WIB
    Pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere Mencapai 81 Persen
    Direktur Utama PT CSJ, Ayu Widya Kiswari, menargetkan ruas tol baru ini bisa selesai dan dapat beroperasi sebelum Lebaran tahun 2020. CSJ
    Serpong: Sejumlah proyek jalan tol dikebut oleh pemerintah agar bisa digunakan saat musim mudik lebaran 2020. Salah satu yang kini dikebut pembangunannya adalah pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere.

    Pengelola Jalan Tol Serpong-Cinere, PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), menjelaskan pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong-Cinere mendekati penyelesaian konstruksinya. Hingga akhir Januari 2020, pembebasan lahan proyek ini telah mencapai 91,04 persen dan progres konstruksinya mencapai 81,12 persen. 

    Direktur Utama PT CSJ, Ayu Widya Kiswari, menargetkan ruas tol baru ini bisa selesai dan dapat beroperasi sebelum Lebaran tahun 2020. Bahkan mereka juga terus melakukan upaya untuk mempercepat pembebasan lahan proyek agar pembangunan konstruksinya bisa berjalan lancar.

    "Sampai dengan saat ini, PT CSJ telah merealisasikan sekitar Rp3,1 Triliun untuk luasan lahan yang masuk dalam ROW jalan tol dan lahan-lahan yang terdampak oleh Pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere,” ungkap Ayu.

    Ayu Widya Kiswari mengatakan untuk keperluan pengadaan tanah, PT CSJ memperoleh kredit sindikasi dana talangan tanah sebesar Rp950 Miliar pada September 2018 dan sisanya merupakan SHL dari total kebutuhan dana pengadaan tanah sekitar Rp3,9 Triliun. Bahkan mereka juga menggandeng Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan koordinasi dan mengawal kelancaran pembebasan tanah dengan masyarakat dan pemilik tanah.

    "Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012, bahwa pengadaan tanah untuk kepentingan umum diselenggarakan oleh Pemerintah, dalam hal ini oleh PPK Pengadaan Tanah dan BPN,” jelasnya.

    PT CSJ optimis bahwa pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere dapat diselesaikan sesuai target yang telah ditentukan. Keberadaan Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di sejumlah wilayah penyangga Jakarta, termasuk dari dan menuju Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id