Teknologi Otomotif

    Mobil Nasional Vietnam Bidik Pengembangan Teknologi Tanpa Sopir

    Ekawan Raharja - 13 April 2021 11:00 WIB
    Mobil Nasional Vietnam Bidik Pengembangan Teknologi Tanpa Sopir
    Ilustrasi. VinFast



    Hanoi: VinFast terus melakukan pengembangan berbagai teknologi otomotif agar bisa selaras dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan. Merek otomotif asli Vietnam ini bahkan sudah mempersiapkan teknologi otonom alias teknologi tanpa sopir untuk diterapkan di mobil masa depan produksi mereka.
     
    Pengembangan teknologi otonom yang dilakukan ini dilakukan bersama dengan perusahaan teknologi NVIDIA. Apabila kerjasama keduanya sukses, maka mobil nasional Vietnam akan memiliki kemampuan melaju di jalanan tanpa kendali manusia.
     
    Mereka melakukan pengemgangan ini dan mempersiapkan untuk masuk ke produksi massa di segala segmen kendaraan listrik pintar. Termasuk di dalamnya VF e34 di medium SUV segmen C, VF e35 medium SUV di segmen D, dan VF e36 SUV ukuran penuh Segmen E.
     
    Mobil-mobil ini akan dijejali dengan NVIDIA Drive Xavier system-on-a-chip (SoC) mulai 2022. Selanjutnya, VinFast akan meng-upgrade ke NVIDIA Drive Orin di seluruh jajaran mobil listrik premium yang dijualnya.
     
    NVIDIA Drive Orin merupakan prosesor dengan performa tertinggi di industri. Dibangun dengan lebih dari 21 miliar transistor, sistem itu menampilkan arsitektur GPU NVIDIA Ampere terbaru, 12 CPU Cortex-A78 ARM64. 

     
     
    SoC mampu memproses lebih dari 254 triliun operasi per detik untuk menangani sejumlah besar aplikasi. Hal itu termasuk kemampuan seperti perencanaan perjalanan, lokasi stasiun pengisian baterai dan dealer, peringatan risiko pencurian, preferensi kebiasaan pengguna, melaju sendiri di jalan raya, parkir, dan lainnya.
     
    "Strategi VinFast difokuskan pada kerjasama dengan perusahaan teknologi global untuk mengawinkan teknologi terbaru mereka dengan produk kami. Diaktifkan oleh NVIDIA, armada kendaraan listrik baru kami akan memiliki kemampuan dan fitur AI (kecerdasan buatan) terbaru yang penting untuk pembaruan perangkat lunak mengemudi sendiri," ungkap Wakil Ketua Vingroup dan CEO VinFast, Thai Thi Thanh Hai, dikutip dari Automotive World.
     
    Nantinya ketiga mobil ini akan memiliki teknologi otonom level 2-3 dengan didukung 30 fitur pintar. Mari dilihat bagaimana kehadirannya di masa depan.

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id