Harga Mobil Baru

    Daftar Mobil yang Sudah Dapat Relaksasi PPnBM

    Ekawan Raharja - 22 Februari 2021 17:00 WIB
    Daftar Mobil yang Sudah Dapat Relaksasi PPnBM
    Ilustrasi. Antara Foto/Hafidz Mubarak


    Jakarta: Pemerintah berencana untuk memberikan insentif pajak berupa keringanan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) per Maret 2021. Tetapi masyarakat yang ingin membeli mobil sekarang juga tidak perlu menunggu bulan depan karena sudah ada mobil-mobil yang mendapatkan pembebasan PPnBM.
     
    Mobil-mobil yang termasuk segmen low cost green car (LCGC) sudah dikenakan 0 persen PPnBM sejak 2013. Hal ini sudah diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang berlaku hingga Oktober 2021.
     
    Peraturan ini diciptakan untuk meningkatkan penjualan otomotif di dalam negeri dan menghadirkan kendaraan yang lebih ramah dengan lingkungan. Sejumlah syarat juga diberikan cukup banyak, salah satunya adalah konsumsi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter untuk mesin bensin dan diesel.
     
    Namun perlu diingat, bahwa peraturan ini hanya berlaku hingga akhir tahun ini saja. Kemudian sebagai gantinya, pemerintah sudah menghadirkan pembaruan di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai PPnBM.
     
    Peraturan ini diketahui sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2019, dan diundangkan pada 16 Oktober 2019. Peraturan ini akan berlaku 2 tahun setelah diundangkan, maka secara resmi akan mulai berlaku pada 16 Oktober 2021.

    Halaman Selanjutnya
      Di dalam peraturan terbaru…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id