Intip Mobil Menteri Era Presiden Soekarno

    M. Bagus Rachmanto - 24 Agustus 2019 11:04 WIB
    Intip Mobil Menteri Era Presiden Soekarno
    Dodge Dart diproduksi pada 1962 -1966 di Amerika Serikat. Wikipedia
    Jakarta: Pengadaan mobil dinas untuk menteri bukan sesuatu yang baru, apalagi aneh. Sejak era kabinet Soekarno, setiap menteri juga mendapatkan jatah mobil dinas. hal yang membedakan adalah mobil dinas menteri yang selalu berganti mengikuti perkembangan zaman.

    Menarik, mobil dinas menteri yang digunakan pada era sebelumnya belum tentu digunakan kembali oleh menteri era mendatang. Bisa jadi karena pabrikan sudah tidak memproduksi lagi untuk jenis yang sama seperti masa itu.

    Bahkan jam terbang yang tinggi sebagai mobil operasional jadi alasan yang wajar ketika harus berganti ke model mobil yang lebih anyar. "Kan menteri mobilitasnya tinggi, jadi wajar saja kalau harus ganti mobil," kata pengamat ekonomi Universitas Indonesia, Lana Soelistyaningsih saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 23 Agustus 2019.
     
    Dia mencontohkan, kabinet menteri yang sekarang belum berganti mobil sejak era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. "Lima tahun dengan mobilitas yang tinggi saja sudah terbilang lama," imbuhnya. 

    Lalu seperti apa mobil menteri pada era Soekarno? Usut punya usut, di era Presiden Soekarno, para pembantunya mendapatkan fasilitas mobil dinas sedan empat pintu Dodge Dart, buatan Amerika Serikat (AS).

    Mobil yang diproduksi pada 1962 -1966 itu mengusung mesin besar berkapasitas 2.800 cc, dan digunakan untuk operasional menteri, perdana menteri, dan wakil perdana menteri.

    Awal diproduksi, di negara asalnya Dodge Dart dikenal sebagai kendaraan murah. Kemudian seiring perkembangan zaman, Dart menjadi sedan kompak. Pada waktu itu, Dodge Dart juga digunakan Menteri Negara dan Wakil Ketua II Comite Central PKI Nyoto.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id