Tak Hanya Hemat Operasional, Ini 5 Keuntungan Punya Mobil Listrik

    Adri Prima - 24 November 2021 16:40 WIB
    Tak Hanya Hemat Operasional, Ini 5 Keuntungan Punya Mobil Listrik
    Nissan Leaf, salah satu mobil listrik yang sudah resmi dijual. MI/Ramdani



    Jakarta: Mobil listrik merupakan model kendaraan yang relatif baru di industri otomotif tanah air. Meski begitu, sudah banyak line up mobil nol emisi yang telah resmi dipasarkan di Indonesia. 

    Jenisnya pun bervariasi, ada yang model hybrid dengan penggabungan mesin bensin dengan motor listrik, hingga tidak sedikit pula model-model yang merupakan kendaraan full electric. Hanya saja soal harga, mobil listrik masih sedikit lebih mahal dibandingkan mobil konvensional.

     



    Memiliki mobil listrik sebenarnya memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Tak hanya menghemat uang karena tidak perlu membeli bahan bakar, berikut ini 5 keuntungan memiliki mobil listrik saat ini dilansir dari laman resmi Nissan.

    1. Berkontribusi menjaga lingkungan


    Keuntungan yang pertama, dengan mobil listrik maka kita berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Mobil berbahan bakar bensin menghasilkan banyak emisi karbon, menghasilkan polusi. 

    Sedangkan mobil listrik jauh lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi dan karbon. Sesuai namanya, mobil listrik dijalankan dengan mesin bertenaga listrik yang tidak memancarkan gas beracun atau asap di lingkungan karena berjalan pada sumber energi yang bersih. 

    2. Performa tangguh dan rensponsif


    Mobil listrik menawarkan performa yang tangguh dan responsif. Jika dibandingkan dengan mobil biasa, mobil listrik mempunyai mesin yang akselerasinya lebih spontan. Mobil listrik juga terasa lebih bertenaga daripada mobil bermesin pembakaran internal dengan horse power rating yang sama. 

    Mobil listrik juga lebih aman digunakan mengingat pusat gravitasinya yang lebih rendah, membuatnya jauh lebih stabil di jalan. 

    3. Suara mobil tidak bising


    Mesin mobil listrik cenderung lebih tenang sehingga memberikan pengalaman baru saat berkendara. Potensi dalam mengurangi kebisingan lalu lintas di tempat parkir dan di jalanan pun cukup signifikan. Ketenangan yang diberikan oleh mobil listrik saat digunakan dapat membuat pengemudi lebih tenang dan dapat mengurangi stres.

    Sebagian besar pengendara mobil listrik mendapatkan keuntungan mobil yang lebih tenang sehingga membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres selama di dalam mobil. 

    4. Hemat biaya operasional


    Mobil listrik membuat Anda berhemat banyak, karena tidak perlu mengeluarkan biaya bahan bakar. Biaya yang dibutuhkan oleh mobil listrik kurang dari setengah biaya operasional mobil konvensional. Selain penghematan biaya, tarif listrik juga jauh lebih stabil daripada harga bensin. Tarif listrik yang konsisten menunjukkan bahwa pengisian bahan bakar mobil listrik relatif lebih ramah anggaran dan lebih dapat diprediksi.

    Mobil-mobil listrik yang beredar saat ini juga memiliki rata-rata jarak tempuh yang lumayan jauh dalam kondisi baterai penuh. Nissa Leaf misalnya, mampu menempuh jarak sejauh 311 km.

    5. Tidak perlu perawatan rutin


    Mobil listrik berjalan dengan mesin bertenaga listrik. Jadi tidak memerlukan pelumasan mesin atau perawatan rumit lain yang berhubungan dengan mesin pembakaran (mesin bensin) seperti oli mesin, oli filter, busi, coolant radiator, dan lain-lain.

    Artinya mobil listrik tidak lagi biaya perawatan rutin. Pemilik mobil listrik hanya dianjurkan melakukan servis setiap jarak tempuh mencapai per 10.000 km.

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id