Mobil Baru

    Ada Gran Max Berlogo Mazda, Kok Bisa?

    Ekawan Raharja - 13 September 2020 11:00 WIB
    Ada Gran Max Berlogo Mazda, Kok Bisa?
    Mazda Bongo di Jepang merupakan hasil impor dari Indonesia. Mazda
    Tokyo: Mazda di Indonesia identik dengan mobil-mobil penumpang, mulai dari sedan, SUV, hingga roadster. Bila melihat ke negara asalnya, merek satu ini juga memiliki model komersial van yang mirip dengan Daihatsu Gran Max.
     
    Di Negeri Matahari terbit tersebut mobil ini diberi nama Bongo. Kalau dilihat-lihat desainnya, mobil ini sangat mirip dengan Gran Max yang biasa ditemui di Indonesia.
     
    Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, menjelaskan Bongo yang ada di Jepang merupakan hasil produksi pabrik Sunter, Jakarta Utara. Hal ini merupakan bentuk kerja sama antara Mazda dan Daihatsu untuk memenuhi kebutuhan pasar Jepang melalui rebadged mobil.
     
    "Gran Max dijual sebagai Toyota Town Ace dan Lite Ace, lalu dijual juga oleh Mazda. Saya sebagai orang ADM bangga, karena kalau sampe sebuah negara bisa ekspor ke Jepang itu merupakan pencapaian," ujar Amelia melalui webinar.
     
    Meski memiliki desain yang sama dengan yang ada di Indonesia, namun Bongo dan Gran Max memiliki spesifikasi yang berbeda. Hal ini tidak terlepas dari standar mobil di Jepang, khusus di sektor keselamatan.
     
    "Di Jepang punya standar keselamatan sendiri. Jadi kami produsen di Indonesia mengikuti standar di negara tujuan ekspor," paparnya.
     

    Spesifikasi Bongo si Kembaran Gran Max

    Ada Gran Max Berlogo Mazda, Kok Bisa?

    Secara dimensi, Bongo memiliki panjang 4.065 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.930 mm. Ukuran ini tidak jauh berbeda dengan Gran Max yang ada di Tanah Air karena memang masih satu basis mobil.
     
    Bongo mengusung model van berdesain boxy dengan pintu geser di belakang. Kemudian dilengkapi pula dengan lampu LED, dan spion kecil berwarna hitam di kap depan untuk membantu parkir.
     
    Jantung pacunya dibekali mesin 1.500 cc dipadukan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Tenaga kemudian disalurkan ke roda belakang, bahkan di Jepang ada yang model 4WD.
    (UDA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id