comscore

Mercedes-Benz Siap Ucapkan Selamat Tinggal untuk Transmisi Manual

Ekawan Raharja - 03 Juni 2022 12:00 WIB
Mercedes-Benz Siap Ucapkan Selamat Tinggal untuk Transmisi Manual
Ilustrasi tuas perseneling manual. Mercedes-Benz
Stuttgart: Sejumlah merek otomotif sudah mulai meninggalkan transmisi manual dengan berbagai alasan. Termasuk dengan Mercedes-Benz yang tampaknya segera meninggalkan transmisi manualnya.
 
Laporan dari Automobilwoche menyebutkan pabrikan asal Jerman tersebut akan menghentikan penggunaan transmisi manual di tahun 2023. Sejauh ini, tidak banyak mobil-mobil berlogo bintang tersebut yang masih ditawarkan dengan transmisi manual.
 
Varian tersebut juga tak lagi tersedia secara luas saat ini, mengingat hanya versi tertentu dari A-Class, B-Class, dan CLA yang masih hadir dengan pengaturan tiga pedal. Bahkan kalau kita ambil contoh untuk C-Class terbaru (W206) hanya tersedia varian transmisi otomatis saja.
 
Perwakilan rival BMW dan Audi itu berpendapat selera pembeli telah berubah karena semakin banyak orang lebih memilih kendaraan listrik murni dan plug-in hybrid. Penghapusan transmisi manual juga dibilang cukup efisien dari segi biaya, karena pihak pabrikan tidak perlu lagi berinvestasi untuk pengembangannya.
 
Langkah yang dilakukan Mercedes-Benz tergolong cukup cepat karena masih banyak pabrikan otomotif yang mempertahankan transmisi manual. Sebut saja BMW sebagai rivalnya, kemudian ada juga Nissan dan Toyota yang menghadirkan model sportcars dengan pilihan transmisi manual.

Penyediaan transmisi manual ini tidak terlepas dari para konsumen yang inginkan sensasi berkendara yang lebih menyeluruh dengan kontrol dan koneksi yang lebih melalui proses perpindahan gir secara manual. Jadi rasanya, transmisi manual ini mungkin tidak punah seutuhnya dan bisa ditemukan di mobil-mobil tertentu dengan performa tinggi.
(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id