Teknologi Otomotif

    Teknologi Mobil Balap Jadi Standar Mobil Nissan Masa Depan

    Ekawan Raharja - 11 September 2020 17:00 WIB
    Teknologi Mobil Balap Jadi Standar Mobil Nissan Masa Depan
    Nissan sudah memiliki solusi untuk memproduksi CFRP dengan menggunakan metode compression resin transfer molding. Nissan
    Yokohama: Nissan melakukan inovasi untuk seluruh pengembangan mobil-mobil mereka di masa depan. Nantinya seluruh mobil yang mereka hasilkan akan menggunakan teknologi yang biasa digunakan di mobil-mobil balap.
     
    Rencananya jenama asal Jepang ini akan menggunakan material Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) untuk mobil-mobil di masa depan. Bahan ini sudah lazim digunakan di dunia penerbangan dan otomotif, khususnya untuk mobil-mobil balap, sportcar, dan supercar.
     
    Material satu ini memiliki karakter ringan, kuat, namun lentur sehingga ketika digunakan akan lebih aman dan membuat efisiensi bahan bakar lebih baik. Bahkan jika diterapkan di bagian atas mobil, bisa menurunkan pusat gravitasi mobil sehingga lebih menyenangkan untuk dikendarai.
     
    Teknologi Mobil Balap Jadi Standar Mobil Nissan Masa Depan

    Penggunaan komponen satu ini jarang digunakan karena memiliki harga yang mahal dan proses produksinya sulit. Sehingga penggunaan material ini akan sedikit banyak mengganggu proses produksi mobil.
     
    "Meskipun manfaat serat karbon telah lama dikenal, harganya mahal dibandingkan dengan bahan lain seperti baja. Seiring dengan sulitnya membentuk suku cadang CFRP, hal ini telah menghambat produksi massal komponen otomotif yang terbuat dari bahan tersebut," tulis keterangan resmi dari Nissan.
     
    Meski demikian, saudara Renault dan Mitsubishi ini sudah memiliki solusi untuk memproduksi CFRP dengan menggunakan metode compression resin transfer molding. Proses ini dilakukan dengan bantuan simulasi komputer, yang memperkirakan bagaimana resin akan bereaksi saat masuk ke dalam cetakan. Alhasil proses produksi ini akan lebih efektif, bahkan hingga 80 persen dibanding proses konvensional.
     
    Belum diketahui model-model apa saja yang akan menggunakan teknologi. Kira-kira model apa yang cocok untuk pertama kali menggunakan teknologi ini?



    (ACF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id