Formula E

    Ini Waktu Penyelenggaraan Formula E Jakarta

    M. Bagus Rachmanto - 12 Februari 2020 10:20 WIB
    Ini Waktu Penyelenggaraan Formula E Jakarta
    Ilustrasi. Racefans.net
    Jakarta: Indonesia resmi menjadi salah satu tuan rumah pada ajang Formula E musim 2019-2020. FIA Formula E mengumumkan balapan akan digelar di Ibu Kota Indonesia, DKI Jakarta pada 6 Juni 2020.
     
    Monumen Nasional (Monas) dan sekitar kawasan Jalan Merdeka akan menjadi arena digelar balapan Formula E. Setidaknya hal tersebut dipastikan oleh Co-Founder & Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo.

    "Kalender untuk musim mendatang dari ABB FIA Formula E Championship sudah resmi dibuat seistimewa mungkin. Kami pun menambah jadwal balapan lain di Asia dan khususnya Indonesia yang sangat menarik," ujar Longo dalam situs resmi FIA Formula E, beberapa waktu lalu.

    Lebih lanjut, Longo juga mengaku perkembangan Indonesia berkecimpung dalam dunia olahraga motorsport menjadi salah satu alasan FIA memilih Tanah Air menjadi tuan rumah dalam seri balapan Formula E.
     
    Formula E akan diikuti oleh 24 pembalap yang terbagi dari 12 tim. Menariknya, empat tim di antaranya merupakan tim asal Jerman, yakni Porsche, BMW, Audi, dan Mecedes-Benz. Namun, Mercedez-Benz dan Porsche menjadi pemain baru pada ajang ini.
     
    Beberapa waktu lalu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) secara khusus sudah membocorkan sejumlah rencana sirkuit yang akan digunakan oleh mobil-mobil jet darat bertenaga listrik itu.
     
    Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa, juga menerangkan sirkuit yang akan digunakan ini akan menggunakan area di dalam Monas, terutama silang Monas. Hal ini sesuai dengan permintaan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang inginkan meminimalisir penggunaan dan penutupan jalan raya untuk sirkuit.

    Sirkuit Formula E yang akan di Indonesia akan dirancang oleh Tilke Engineers & Architects yang merupakan ahli pembuatan sirkuit berbagai ajang balapan dunia. Disebutkan akan ada beberapa pilihan sirkuit yang disodorkan dengan panjang sekitar 2,7-3 kilometer.
     
    Kemudian untuk tikungannya ada sekitar 11-12 tikungan dengan 3 titik pengereman hard brake. Mengingat ada teknologi pengisian baterai dengan memanfaatkan daya pengereman.

    "Jadi titik pengereman hard brake ini bukan untuk seru-seruan saja, memang ada tujuannya. Bagi orang awam yang tidak paham, mereka tidak tahu ada teknologi itu," ungkap pria yang akrab disapa Ikin kepada Medcom.id. 
     
    Ikin juga menyebutkan bahwa IMI berperan sebagai penyambung antara Pemprov DKI Jakarta dengan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) sebagai penyelenggara Formula E. Nantinya IMI akan berperan dengan menghadirkan regulasi yang sesuai dengan balapan Formula E karena FIA menunjuk IMI sebagai perwakilan untuk berkomunikasi di Indonesia.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id