Safety Driving

    Pahami Teknik Pengereman Mobil yang Benar dan Aman

    M. Bagus Rachmanto - 06 Februari 2020 19:05 WIB
    Pahami Teknik Pengereman Mobil yang Benar dan Aman
    Selalu gunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan rem di mobil matic. Carsut
    Karawang: Fakta di lapangan menunjukan, bahwa sebagian pengemudi ada yang menggunakan kaki kirinya untuk menginjal pedal rem pada mobil matic. Selain bisa menimbulkan missed feeling, juga berbahaya. Karena pijakan kaki kiri pada tuas kopling untuk mobil manual, terbiasa untuk menginjak sedalam-dalamnya.
     
    Kondisi ini bisa membuat mobil melakukan pengereman secara mendadak dan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Menurut Chief Instructur of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, bahwa ini kadar feeling antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman sangat berbeda. Selalu gunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian pada mobil matic. Sehingga kaki kiri pengemudi benar-benar menjadi bebas.
     
    Bahkan pegiat safety driving itu menyebutkan, dalam berkendara (mengemudikan mobil atau motor) yang paling sulit dilakukan adalah teknik pengereman.    

    "Kalau teknik pengereman mudah, tidak ada kecelakaan di jalan. Setelah injak gas, langsung injak rem mobil langsung berhenti. Tapi prakteknya teknik pengereman sulit. Faktanya banyak yang melakukan pengereman dan gagal, sehingga adanya kecelakaan," kata Jusri di acara Forwot Vihicle Dynamic Training, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (6/2/2020). 

    Oleh karenanya penggunaan kaki kiri untuk menginjak pedal rem pada mobil matic sangat tidak disarankan, terutama bagi pengguna reguler atau masyarakat umum yang memiliki kemampuan atau skill berkendara untuk harian.

    "Lain halnya kalau untuk pembalap atau akrobatik driver. Teknik pengereman mobil matic menggunakan kaki kiri memang sudah dipelajari dan bagian dari teknik skill yang tinggi. Tidak seperti pengendara reguler yang teknik atau skill mengemudinya masih standar pengguna harian," pungkas Jusri.

    Terlebih bagi sebagian orang punya feeling yang kurang, karena banyak pengguna matic sekarang peralihan dari mobil transmisi manual. Sehingga kaki kiri lebih terbiasa untuk menginjak pedal kopling. 

    Hal lain yang penting diperhatikan adalah mencegah penginjakan pedal gas dan pedal rem bersamaan. Pedal gas untuk menambah kecepatan, sedangkan pedal rem digunakan saat memperlambat laju kendaraan.
     
    Jadi sebaiknya menempatkan kaki sesuai tugasnya pada pedal-pedal pengoperasian mobil, itu adalah tindakan terbaik. Sehingga tidak membahayakan orang diri sendiri maupun orang lain.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id