Mobil Baru

    Evolusi Honda Odyssey Dari Shuttle Keluarga Menjadi Premium Van

    Ekawan Raharja - 28 Oktober 2020 14:00 WIB
    Evolusi Honda Odyssey Dari Shuttle Keluarga Menjadi Premium Van
    Honda Odyssey. Honda
    Jakarta: Pada tahun 2020, Honda Odyssey telah memasuki usia ke-25 tahun. Mobil minivan buatan Honda ini sudah diproduksi sejak tahun 1994 di Jepang dan hingga saat ini telah memiliki 5 generasi.

    Odyssey pertama kali diperkenalkan dengan desain kursi tiga baris serta menggunakan penggerak Four Wheel Drive (4WD). Sedangkan di tahun 1997, mobil ini mulai mengadopsi mesin J30A 3.000 cc V6 dan menyematkan fitur Sunroof khusus untuk tipe L dan Aero. Di Eropa, generasi pertama Odyssey dikenal dengan nama Shuttle.

    Masuk di akhir tahun 1999, mobil keluarga ini generasi kedua hadir dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. Mobil ini diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, serta didesain menggunakan setir di sisi kiri kendaraan khusus untuk pasar Tiongkok. Odyssey generasi kedua memiliki dimensi, Bumper, dan Front Grille yang lebih besar serta memiliki aksen Chrome.

    Model ini menggunakan mesin 2.300 cc pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Sementara itu, mesin berkapasitas 3.000 cc digunakan di model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute. Masuk di tahun 2000, Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3.000 cc.

    Generasi ketiga Odyssey mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober 2003, dan menyusul ke Australia dan beberapa negara lainnya pada awal 2004. Secara keseluruhan, Odyssey tetap mempertahankan model lima pintu dengan desain yang lebih ramping, ground clearance lebih rendah, dan lebih terlihat sebagai mobil dibandingkan minivan. Khusus di Jepang, Odyssey juga telah dibekali fitur Cruise Control.

    Odyssey didukung mesin i-VTEC berkapasitas 2.400 cc dengan tenaga maksimal 160 PS. Sementara itu, versi penggerak 4WD hadir dengan transmisi otomatis, sedangkan versi 2WD menggunakan transmisi CVT kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

    Generasi keempat Odyssey diluncurkan di Jepang pada Oktober 2008, dengan tetap mempertahankan mesin dan transmisi yang sama, namun tenaga lebih besar dengan konsumsi bahan bakar lebih irit. Mobil dengan tiga baris penumpang ini menggunakan mesin 2.400 cc dan transmisi CVT dengan Torque Converter untuk penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD dengan tenaga 206 daya kuda.

    Pada September 2013, generasi terbaru Odyssey diluncurkan secara global dengan konsep premium van. Selain mengusung desain yang lebih dinamis dan modern, perubahan paling mencolok terdapat pada desain pintu yang sebelumnya dibuka ke arah luar, kini menjadi pintu geser yang dibuka ke samping. Secara dimensi, desainnya menjadi lebih besar serta menggunakan kursi Ottoman di baris kedua untuk kenyamanan penumpang.

    Sedangkan dari segi mesin, Odyssey menggunakan mesin 2.400 cc VTEC dengan tenaga 175 PS dan torsi 225 Nm. Sementara untuk tipe Absolute, adanya fitur direct-injection semakin menambah tenaga Odyssey hingga mencapai 190 daya kuda dan torsi maksimal 237 Nm.(ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id