Kekuatan Merek jadi Pertimbangan Konsumen Membeli Mobil

    Ekawan Raharja - 25 November 2019 15:40 WIB
    Kekuatan Merek jadi Pertimbangan Konsumen Membeli Mobil
    Mitsubishi merupakan salah satu merek yang cukup familiar di Indonesia. Medcom.id
    Jakarta: Ada banyak hal dan pertimbangan konsumen ketika hendak membeli mobil baru. Selain faktor fungsional, desain, dan harga, ada juga faktor kekuatan merek yang menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan pembelian mobil baru.

    Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro, menjelaskan kekuatan merek menjadi salah satu pertimbangan konsumen membeli mobil baru. Ketika merek sebuah mobil sudah kuat, maka akan memancing untuk konsumen lama dan konsumen baru untuk beralih ke sebuah merek.

    "Dengan meningkatnya kekuatan merek, maka ujungnya akan meningkatkan penjualan. Konsumen lama akan tetap setia yang berujung dengan pembelian kembali dan konsumen baru bisa saja beralih menggunakan merek tersebut," ungkap Irwan Kuncoro Senin (25/11/2019) di Kantor Mitsubishi, Pulomas, Jakarta Timur.

    Membahas soal konsumen lama, Irwan mengakui tidak memiliki data siklus mengenai pembelian mobil baru para konsumen lamanya. Namun jika diambil rata-rata, maka konsumen akan membeli mobil baru kembali setelah tiga sampai lima tahun.

    "Data pastinya tidak ada. Cuma kalau biasanya sekitar tiga tahun setelah muncul model baru atau lima tahun usai leasingnya rampung," sambungnya.

    Kekuatan Merek jadi Pertimbangan Konsumen Membeli Mobil

    Salah satu bos merek tiga berlian ini berujar untuk memperkuat nilai sebuah merek, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Selain menghadirkan mobil yang berkualitas, soal layanan pun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Mengingat pengalaman pelayanan yang diterima oleh konsumen memberikan andil penting.

    Di sektor pelayanan, Mitsubishi meningkatkan Customer Relationship Management (CRM) and Digital Enhancement yang meliputi integrasi sistem komunikasi antara dealer dan MMKSI, serta perluasan wadah pelayanan konsumen yang merambah ke area digital (website, media sosial, dan e-mail). Selain itu, ada beberapa improvement pada aplikasi gawai yang sudah dibangun sejak tahun 2017.

    Kemudian ada juga peningkatan customer service performance, yang dilakukan untuk menilai dealer secara menyeluruh. Kemudian pelatihan berkala dan berkelanjutan bagi Sales Person (Tenaga Penjual) serta Customer Satisfaction Officer & Staff yang nantinya akan berhadapan langsung untuk melayani konsumen. 

    Atas peningkatan pelayanan ini, merek mobil asal Jepang ini menerima peringkat tertinggi dalam indeks kepuasan penjualan (Sales Satisfaction Index) yang dilakukan oleh J.D. Power. Geng Pulomas ini mendapatkan nilai 835 poin, berhasil mengungguli Toyota dengan nilai 834 dan Honda dengan 828 unit.

    "Setelah mencapai peringkat tertinggi untuk studi Indonesia Customer Service Index J.D. Power 2019 Indonesia September lalu, Mitsubishi Motors kembali diakui sebagai yang terbaik dalam Indonesia Sales Satisfaction Index J.D. Power 2019. Dua penghargaan bergengsi berturut-turut yang dievaluasi secara intensif," ungkap President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura, dikesempatan yang sama.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id