comscore

Bikin Anak Pede dengan Berlatih Futsal

rizkiyanuardi - 28 Juni 2022 08:05 WIB
Bikin Anak Pede dengan Berlatih Futsal
Anak-anak bisa bertambah kepercayaan dirinya lewat olah raga futsal-Foto Dok Istimewa
Bogor: Bermain dan berlatih futsal  bagi anak-anak, tidak hanya menjaga kesehatan tubuhnya atau menjadikan anak jago mengolah si kulit bundar. Berlatih futsal juga punya manfaat lain, salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri anak.

Hal itu dikatakan Alan Riadi, mantan pemain profesional futsal yang kini menjadi Direktur Utama Bogor Junior Futsal School, dalam kegiatan futsal klub di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan kemarin.
“Bogor Junior didirikan untuk membantu anak-anak mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan diri. Banyak sekali anak-anak di Indonesia ini memiliki masalah dengan kepercayaan diri,” kata Alan Riadi, dalam rilis yang diterima Medcom.id, terkait kegiatan di Bogor Junior Day 2 di Bogor, Jawa Barat, Sabtu 25 Juni 2022.

Alan menuturkan, bahwa latihan futsal tidak semata untuk menyiapkan calon atlet. “Itu hanya bonus lah. Tapi yang lebih penting lagi, futsal itu bisa meningkatkan karakter dan mentalitas anak-anak. Harapannya, mentalitas yang baik akan dimiliki dan terbawa hingga mereka dewasa,” ujar Alan.

Untuk bisa membantu anak-anak mendapatkan kepercayaan diri, Bogor Junior memiliki metode latihan berbeda. Bogor Junior mengombinasikan antara latihan futsal atau soccer development dengan character building.

“Kami memiliki metode latihan yang berbeda dengan sekolah sepak bola umum. Kami membuat sendiri character building training, seperti confident training untuk mengasah kepercayaan diri dan focus training untuk mengasah konsentrasi anak,” Alan menjelaskan.

“Pendidikan karakter itu perlu diedukasikan sejak usia dini. Banyak manfaatnya, anak jadi bisa bersosialisasi, belajar berkompetisi, belajar sportif, dan yang terpenting anak tidak mem-bully karena sudah diedukasikan tentang pertemanan sedari dini,” ujar Alan, yang mengaku saat ini Bogor Junior sudah memiliki 500 member, mulai kelas balita hingga usia remaja.

Bogor Junior, lanjut Alan, juga memiliki beberapa member anak berkebutuhan khusus. Ada ADHD, autisme, down syndrome, tuna rungu dan tuna grahita. "Alhamdulillah mereka bisa beradaptasi dan berproses dengan baik."

“Saya dan partner saya juga disabilitas. Jadi kami akan senang sekali membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk bisa mendapatkan kepercayaan diri,” kata Alan.

Faisal, seorang member mengatakan bahwa dirinya tak menyangka anaknya yang pemalu bisa berproses dengan baik setelah berlatih di Bogor Junior. “Anak saya itu pemalu banget. Di awal latihan, dia sampai harus ditemani terus oleh saya ke dalam lapangan. Tapi, kurang dari sebulan, kepercayaan dirinya muncul dan sekarang pedenya sudah muncul, bahkan kalau di kelas dia mau untuk maju ke depan kelas,” ujar Faisal.

Ferry, member lainnya mengaku puas dengan metode latihan di Bogor Junior. “Saya ini datang jauh-jauh dari Bekasi ke Bogor untuk ke Bogor Junior aja. Sudah hampir 1 tahun latihan di sini dan saya sangat puas melihat perkembangan anak saya,” ujarnya.

“Di sini juga seru banget, coachnya banyak dan sabar. Menjaga banget prokes. Setiap 6 bulan ada acara yang ditunggu-tunggu banget, yaitu Bogor Junior Day, bikin turnamen internal antar anak-anak,” tambah Ferry.

(RIZ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id