Wabah Virus Korona

    Olimpiade Ditunda, Kejuaraan Atletik Dunia Bisa Digeser

    Antara - 25 Maret 2020 17:41 WIB
    Olimpiade Ditunda, Kejuaraan Atletik Dunia Bisa Digeser
    New Tokyo Stadium, venue utama Olimpiade Tokyo yang sudah diundur paling telah musim panas 2021. (Foto: AFP/Charly Triballeau)
    Jakarta: Ketua Worlds Athletics, federasi atletik dunia, Sebastian Coe menegaskan bahwa kejuaraan atletik dunia di Eugene bisa digeser ke 2022 sebagai konsekuensi dari Olimpiade Tokyo 2020 ditund selama satu tahun karena pandemi virus korona (Covid-19).
      
    "Kami sudah mambahas bersama komite penyelenggara di Oregon mengenai pergeseran tanggal dan mungkin bahkan membahas pergeserannya ke 2022 demi mengakomodasi kebutuhan Olimpiade tahun depan," kata Coe kepada televesi Sky Sports.
      
    "Kita semua harus fleksibel, kita hidup pada waktu yang sangat tidak menentu dan hal ini membuat banyak berpikir," sambung Presiden World Athletics tersebut.
      
    Setiap keputusan mengenai tanggal harus menunggu Komite Olimpiade Internasional mengumumkan secara pasti kapan Olimpiade Tokyo diselenggarakan.
      
    IOC sudah menyatakan penundaan Olimpiade Tokyo yang sedianya berlangsung dari 24 Juli sampai dengan 9 Agustus itu tidak akan melebih dari musim panas 2021.

    Menggeser kejuaraan atletik dunia ke 2022 juga selaras dengan kemauan Eugene kota ini menjadi penyelenggara uji coba tim Olimpiade AS karena
    hampir pasti diubah ke 2021.
      
    Menggelar dua event pada tahun yang sama sudah tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kota di Oregon yang berpenduduk 170.000 jiwa tersebut.
      
    Coe, yang pernah mengetuai komite penyelenggara Olimpiade London 2012 menyatakan, keputusan penundaan Olimpiade Tokyo sudah tepat sekalipun hal itu membuat penyusunan kalender olahraga menjadi tugas yang berat.
      
    "Dunia sedang dalam situasi yang sungguh sangat sulit dan berbahaya. Olahraga tidak jauh berbeda dan keputusan yang diambil IOC hari ini, bersama dengan Tokyo, merupakan keputusan yang benar sekali," kata peraih medali emas lari 1.500 meter putra Olimpiade 1980 dan 1984 itu.

    "Kami sudah menyurati Komite Olimpiade Internasional Minggu setelah saya bertemu dengan semua semua presiden kontinental, saya sudah berbicara panjang lebar kepada dewan saya dan para atlet," kata Coe. (Ant)

    Video: Pelatih Hendry Saputra Berstatus PDP Covid-19



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id