Jelang Olimpiade Tokyo

    Mayoritas Penduduk Tokyo tidak Mendukung Olimpiade 2021

    Kautsar Halim - 29 Juni 2020 13:25 WIB
    Mayoritas Penduduk Tokyo tidak Mendukung Olimpiade 2021
    Suasana di kota Tokyo jelang Olimpiade. (Foto: AFP/Philip Fong)
    Jakarta: Lebih dari setengah penduduk Tokyo tidak mendukung Olimpiade bergulir tahun depan karena masih khawatir akan serangan virus korona. Informasi ini didapat berdasarkan polling (jajak pendapat) yang disiarkan AFP, Senin 29 Juni. 

    Survei yang dilakukan oleh dua organisasi berita Jepang tersebut hanyalah poin data tunggal. Namun, hasilnya didapat setelah adanya pernyataan ahli kesehatan yang menyebutkan penundaan setahun belum aman dari pandemi covid-19

    Jajak pendapat yang dilakukan selama akhir pekan dengan 51,7 persen responden itu mengharapkan Olimpiade 2021 ditunda lagi atau dibatalkan saja. Sementara, 46,3 persen lainnya ingin Olimpiade dilanjutkan dengan penjadwalan ulang.

    Jajak pendapat dilakukan lewat telepon oleh Kyodo News dan televisi Tokyo MX antara 26-28 Juni. Responsnya cukup besar karena terdapat 1.030 warga yang membalas.

    31,1 persen yang sepakat menginginkan perubahan skema penyelenggaraan, termasuk bergulir tanpa penonton. Sedangkan 15,2 persen lainnya ingin Olimpiade tetap terselenggara seperti biasa.

    Olimpiade Tokyo 2020 ditunda sejak Maret karena pandemi virus korona. Situasi ini merupakan gangguan terburuk kedua sejak adanya dua edisi Olimpiade yang dibatalkan karena Perang Dunia II. Sebagai gantinya, Olimpiade Tokyo akan bergulir pada 23 Juli 2021.

    Para pejabat Jepang dan Komite Olimpiade Internasional telah mengingatkan bahwa Olimpiade tidak mungkin ditunda lagi karena penundaan selama setahun telah mengganggu finansial dan logistik secara signifikan.

    Jajak pendapat dilakukan menjelang pemilihan gubernur Tokyo pada 5 Juli yang calonnya adalah Yuriko Koike. Dia sering terlibat dalam persiapan Olimpiade, termasuk hadir di Rio de Janeiro untuk upacara pergantian tuan rumah. 

    Awal bulan ini, Koike mengatakan kepada AFP bahwa Olimpiade yang dijadwal ulang akan aman walaupun ada pandemi covid-19. Dia berjanji bakal berupaya 120 persen untuk memastikan Olimpiade yang tertunda bisa kembali terselenggara. (ANT)






    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id