Curhat Chris John Soal Lesunya Tinju Indonesia

    Muhammad Al Hasan - 16 Maret 2019 07:12 WIB
    Curhat Chris John Soal Lesunya Tinju Indonesia
    Geisler AP (dua dari kiri) petinju asal Papua yang siap berjuang mengharumkan nama Indonesia di pentas tinju internasional (Foto: medcom.id/Muhammad Al Hasan)
    Jakarta: Legenda tinju Indonesia Chris John mengatakan bahwa dunia tinju Indonesia tengah lesu. Hal ini dapat dilihat dari minimnya antusiasme masyarakat, minimnya pertandingan tinju, dan kurangnya dukungan bagi petinju-petinju profesional.

    Chris mengatakan bahwa lesunya kompetisi tinju diakibatkan minimnya dukungan dan perhatian dari pemerintah, swasta dan juga media terhadap perkembangan dunia tinju. Sehingga berdampak pada semakin sedikitnya regenerasi atlet di cabang olahraga tersebut.

    Salah satunya apa yang dialami Geisler AP, petinju asal Papua yang saat ini tengah kesulitan mendapatkan bantuan untuk menunjang kariernya. Oleh karenanya, Chris membuat yayasan yang berfokus pada pembinaan dan pengembangan petinju-petinju nasional. Dengan harapan, bisa kembali menyemarakkan dunia tinju nasional yang tengah lesu.
     

    Baca: Petinju Papua Geisler AP Siap Go Internasional


    "Kondisi per-tinju-an kita saat ini baik di profesional maupun amatir sepertinya sedang mati suri. Sangat lesu sekali. Banyak yang sudah mengeluh jarang sekali ada pertandingan," imbuhnya," kata Chris John di  Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jum'at 15 Maret 2019.

    "Tinju sempat marak karena ada pertandingan reguler atau event di TV. Itu sangat membantu sekali para petinju profesional kita untuk mengembangkan prestasi mereka dan itu juga salah satu yang membuat saya sedih bahwa saat ini sudah tidak ada acara-acara tinju itu. Sekarang susah gitu," ujar dia.

    "Promotor sendiri agak kesulitan untuk menggandeng sponsor untuk membuat event itu. Tapi saat ini kita terus berpikir dan berjuang," lanjut dia.
     

    Baca juga: Usia Tak Surutkan Ambisi Geisler AP Rebut Sabuk WBC Asia Pasifik


    "Akhirnya saya berpikir untuk bisa membantu teman-teman yaitu dengan membentuk Yayasan Tinju Indonesia yang tujuannya untuk membina petinju muda Indonesia untuk diarahkan." pungkasnya.

    Yayasan Tinju Indonesia arahan Chris John sudah mulai bergerak di Surabaya. Sebanyak 15 atlet muda sudah dalam binaannya. Rencananya yayasan tinju Chris John ini juga akan dikembangkan ke beberapa kota di Indonesia. Diharapkan upayanya ini berdampak baik kepada wajah tinju nasional.

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: ?Taktik Indra Sjafri Terbangkan Garuda Muda





    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id