Ingin Tuan Rumah Asian Games 2030, Arab Saudi Minta Dukungan Indonesia

    rizkiyanuardi - 03 Desember 2020 23:23 WIB
    Ingin Tuan Rumah Asian Games 2030, Arab Saudi Minta Dukungan Indonesia
    Ilustrasi: Foto Istimewa
    Jakarta: Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia Esam Abid Althagafi, mengunjungi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk meminta dukungan Indonesia dalam pencalonannya sebagai tuan rumah Asian Games 2030.

    Dalam pertemuan di Kantor Kemenpora, Kamis 3 Desember, Zainudin menyampaikan, bahwa kerja sama keolahragaan antara RI dan Arab Saudi sudah terbangun cukup lama. Kerja sama yang sudah dibangun itu mempererat hubungan di antara kedua negara.

    "Kerja sama antara Arab Saudi dan Indonesia sudah terbangun cukup lama di berbagai bidang. Tentu banyak hal yang bisa dikembangkan dalam bidang olahraga. Harapan yang disampaikan tentu menjadi pertimbangan kami, mengingat sejarah yang cukup panjang antara hubungan Arab Saudi dan Indonesia," kata Zainudin dalam siaran pers yang diterima Antaranews.com, Kamis.

    Zainudin melanjutkan, Kemenpora akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas ketertarikan Arab Saudi menjadi tuan rumah Asian Games 2030. Namun, ia menyarankan kepada Dubes Esam untuk melakukan komunikasi dengan pihak Komite Olimpiade Nasional (NOC) Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.

    "Kami ingin membantu supaya dukungan Arab Saudi semakin bulat. Saya harap juga Arab Saudi melakukan komunikasi dengan negara-negara lain terkait hal ini,"ucap Menpora.

    Sementara itu, Dubes Esam Abid Althagafi menyambut baik pertemuan itu. Dalam pencalonan tuan rumah Asian Games 2030, Arab Saudi berharap dukungan dari Indonesia.

    "Oleh karenanya, kiranya Indonesia mendukung Arab Saudi dalam pencalonan ini. Terima kasih juga atas respons cepat (Menpora) sehingga kita bisa bertemu. Kita juga melakukan koordinasi dengan negara lain," katanya.

    Dubes Esam menyampaikan, Arab Saudi memberi perhatian yang besar terhadap dunia olahraga. Oleh karena itu, berharap kerja sama dalam bidang olahraga dapat diperluas.

    "Melalui momentum Asian Games ini, kami ingin juga mengenalkan pariwisata di sana. Jika terpilih nantinya, ini juga menjadi bagian dari silaturahmi dari pada atlet, pelatih, ofisial, dan lainnya," tambah Dubes Esam.

    Video: Cincin Olimpiade Kembali Dipasang, Jepang akan Izinkan Penonton Asing


    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id