comscore

Bendera Merah Putih Kemungkinan Baru Bisa Berkibar saat SEA Games Hanoi

Antara - 13 Desember 2021 19:44 WIB
Bendera Merah Putih Kemungkinan Baru Bisa Berkibar saat SEA Games Hanoi
Raja Sapta Oktohari. (ANTARA/Arindra Meodia)
Jakarta: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari, menyampaikan bahwa bendera Merah Putih diperkirakan sudah bisa kembali berkibar di ajang internasional saat SEA Games Hanoi pada Mei 2022 mendatang. Menurut Okto, WADA telah berjanji akan mengevaluasi ulang sanksi yang dijatuhkan kepada Indonesia sehingga sanksi diharap bisa dicabut lebih cepat.

"Karena SEA Games rencananya bulan Mei, mungkin saya bisa jawab sekarang, kalau bulan Mei Insyaallah bendera Merah Putih bisa berkibar kembali," ujar Okto yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam konferensi pers virtual, Senin (13/12/2021).
Saat ini, lanjut Okto, tantangan penyelesaian sanksi ada pada waktu. Sebab, prosesnya akan terjeda libur Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, dia mengatakan tim Gugus Tugas telah memenuhi persyaratan untuk menyelesaikan masalah sanksi Badan Antidoping Dunia tersebut.

"Karena semua yang dimintakan kepada kita sudah kita report kepada WADA, dan WADA sendiri selain memberikan apresiasi terhadap kecepatan yang dilakukan oleh Indonesia terkait dengan pemenuhan dari yang disanksikan, mereka juga telah berkomitmen atau memberikan janji untuk mengevaluasi ulang sanksi yang dijatuhkan kepada Indonesia," tutur Okto.

Okto juga mengatakan bahwa WADA bersedia membantu komunikasi dengan federasi internasional untuk memberikan pemahaman yang sama terkait sanksi doping tersebut. Sebagai contoh, Okto mengungkapkan federasi internasional karate belum melihat bahwa sanksi yang dijatuhkan kepada Indonesia itu berbeda dengan sanksi yang dijatuhkan kepada negara lain, sehingga mereka sempat melarang tim Indonesia menggunakan atribut Merah Putih.

"Tapi, itu pun sudah disampaikan, sudah dijelaskan oleh WADA," ujar Okto.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id