Indonesia Tambah Perunggu Lewat Karate

    Kautsar Halim - 25 Agustus 2018 15:20 WIB
    Indonesia Tambah Perunggu Lewat Karate
    Zaresta Yuda Ahmad Zigi (tengah). (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
    Jakarta: Indonesia berhasil menambah medali perunggu pada lanjutan Asian Games 2018, Sabtu 25 Agustus. Tren positif itu datang dari atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, Zaresta Yuda Ahmad Zigi.

    Zigi menyumbang perunggu dari cabang olahraga (cabor) karate nomor kata putra. Penampilannya terlihat cukup menjanjikan ketika mengalahkan wakil Uni Emirat Arab (UEA), Husain Mohammad l, dengan skor 4-1 pada perempat final.

    Ketika memainkan fase final kontra Kiyona Ryo, Zigi juga terpantau masih cekatan memperagakan jurus-jurus karatenya. Namun, atlet asal Jepang itu tetap dianggap lebih baik oleh wasit dan menganggap Zigi kalah telak, 5-0.

    Meski mendapat perunggu, Zigi tetap ceria dan bangga bisa berdiri di podium. Senyum lebarnya selalu diberikan saat sesi foto bersama dan dia pun tidak sungkan bergaya dengan bendera merah putih yang menyelimuti badannya.

    Wajar jika Zigi tetap berbahagia. Sebab, dia baru pertama kali ikut Asian Games dan tidak memiliki beban menyumbang medali dari pelatihnya maupun badan olahraga yang terkait. 

    "Ini merupakan Asian Games pertama saya dan saya pun hanya ditargetkan untuk menampilkan yang terbaik. Jadi, alhamdulillah tetap bisa raih perunggu di sini. Tapi sebetulnya, target pribadi saya sih inginnya masuk final," kata Zigi seusai pertandingan.

    Baca: Fitriani Disingkirkan Saina Nehwal


    Meski pengalam pertama, Zigi mengaku tetap serius mempersiapkan diri untuk menyambut Asian Games. Beberapa di antaranya dengan mengikuti SEA Games 2017 dan mengikuti turnamen yang diisi lawan-lawannya saat ini.

    "Sebelum Asian Games ada Kejuaraan Karate Asia Senior (AKF). Di situ enggak dapet medali dan lawannya pun sama, yakni atlet Jepang yang jadi juara barusan. Sebelum AKF, saya sempat meraih perak di SEA Games 2017," tutup Zigi.

    Medali emas karate kata putra direbut wakil Jepang, Kiyona Rio. Sementara itu, untuk peraknya diperoleh Taiwan melalui Wang Yita. 

    Indonesia juga tidak sendirian meraih perunggu. Pasalnya Park Heejun dari Korea Selatan juga pantas menyabet prestasi yang sama.

    Sejatinya, tim karate Indonesia juga menurunkan satu atletnya untuk nomor kata putri, yakni Kautsar Mastura Nawar. Tapi, langkahnya langsung terhenti pada babak perdelapan final.

    Video: Klasemen Perolehan Medali Asian Games, Indonesia di Posisi 5



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id