comscore

SEA Games 2021: Tim Bola Basket Putra Indonesia Kalahkan Thailand

Kautsar Halim - 18 Mei 2022 17:50 WIB
SEA Games 2021: Tim Bola Basket Putra Indonesia Kalahkan Thailand
Brandon Jawato (tengah) melakukan lemparan bebas saat membela tim nasional bola basket Indonesia melawan Malaysia. (ANTARA/Shofi Ayudiana/aa.)
Jakarta: Timnas bola basket putra Indonesia meraih kemenangan kedua di ajang SEA Games 2021. Tren positif itu mereka dapat setelah mengalahkan Thailand dengan skor 78-75 di Thanh Tri Gymnasium, Vietnam, Rabu 18 Mei 2022.

Sebelumnya pada laga perdana pesta olahraga dua tahunan tersebut, Brandon Jawato dan kawan-kawan sudah sukses mengalahkan Malaysia lewat perpanjangan waktu dengan skor akhir 95-92. Kini, giliran Thailand yang mereka tekuk dalam waktu normal.
"Kemenangan ini sangat berarti karena setiap kemenangan adalah sesuatu yang sangat penting bagi timnas dengan sistem round robin," kata Asisten Manajer timnas bola basket Indonesia Ferri Jufry dalam keterangan resminya.

Meski meraih dua kemenangan beruntun, Ferri Jufry berharap hasil tersebut tidak membuat timnas terlena karena jadwal padat telah menunggu.

"Semua komponen tim harus tetap fokus dalam setiap laga. Pemain harus tetap fight melawan tim manapun. Dalam setiap pertandingan kami, timnas, ingin memberikan hasil yang terbaik bagi semua masyarakat Indonesia," tambahnya.

Jalannya Pertandingan

Laga timnas melawan Thailand berlangsung ketat sejak awal dan anak-anak asuh Milos Pejic hanya mampu unggul 19-13 pada kuarter pertama. Setelah itu, penampilan Abraham Damar Grahita yang kurang konsisten membuat timnas tertinggal 28-25 hingga akhirnya papan skor menunjukkan hasil imbang 31-31 pada akhir kuarter kedua.

Memasuki kuarter ketiga, kedua tim saling kejar-mengejar poin dan Thailand yang tampil solid sempat membuat kedudukan sama kuat 35-35. Namun, Derrick Michael terus tampil percaya diri dan mengakhiri kuarter tiga dengan keunggulan Indonesia, 57-51.

Di kuarter empat, Thailand mencoba bangkit dan sukses menekan Indonesia hingga akhirnya berbalik unggul 65-64. Namun, timnas Merah Putih masih konsisten memberikan perlawanan dan mampu mengejar ketertinggalan untuk menutup laga dengan skor 78-75.

Brandon Jawato kembali menjadi pencetak poin terbanyak bagi Indonesia dengan raihan 21 angka dan 13 rebound, disusul Andakara Prastawa yang menyumbang 16 poin dari 80 persen tingkat keberhasilan tembakan tiga angkanya. Adapun, pemain Indonesia lain yang mencetak dobel digit adalah Derrick Michael Xzavierro (16 poin, 13 rebound) dan Abraham Damar Grahita (11 poin).

Selanjutnya, tim bola basket putra Indonesia masih akan menghadapi Kamboja (19/5), Singapura (20/5), Vietnam (21/5), dan tim terkuat Filipina (22/5). Kemudian, pemenangnya akan ditentukan lewat jumlah poin terbanyak setelah saling bertemu karena format turnamen yang menggunakan sistem round robin. (ANT)

(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id