Unik, Komunitas Sepeda Iseng yang Jadi Serius Seperti Tim Balap

    Rendy Renuki H - 31 Maret 2021 21:57 WIB
    Unik, Komunitas Sepeda Iseng yang Jadi Serius Seperti Tim Balap
    Komunitas sepeda SBKT (Istimewa)



    Jakarta: Selier Banjir Kanal Timur (SBKT) menjadi komunitas sepeda yang terbilang unik. Berawal dari keisengan wadah berkumpul pada pesepeda, komunitas ini mulai serius berkecimpung di dunia balap sepeda.

    Komunitas yang terbentuk 2017 lalu itu mulai rutin mengikuti beberapa perlombaan balap sepeda. Teranyar, SBKT ikut serta dalam Jakarta Urban Cycling Challenge yang berlangsung pada 27 Maret 2021.






    Ajang balap sepeda yang cukup bergengsi itu berjarak 200 kilometer dan harus ditempuh selama kurang lebih 13,5 jam. Pada perlombaan itu, SBKT pun mengikutsertakan anggota perempuan yang tergabung di komunitas mereka.

    "Ada dua wanita yang ikut. Mereka bahkan pernah sampai 300 kilometer gowes, tidak ada masalah, semangatnya luar biasa," ujar Ketua SBKT Hadriat Kuncara Zakty.

    Persiapan yang dilakukan SBKT jelang Jakarta Urban Cycling Challenge ini juga tak main-main. Setiap pekan ada dua program latihan yang dijalani.

    "Pertama sprint, kami melatih kecepatan agar seirama. Lalu endurance, di mana kami melintasi berbagi trek," ujar pria yang akrab disapa Didit tersebut.

    Ke depan, berbagai event juga akan diikuti SBKT yakni perlombaan gowes Jakarta-Cirebon, kemudian Jakarta-Bandung, dan Bandung-Jakarta. Saat ini, SBKT memiliki lebih dari 100 anggota.

    "Kami punya anggota dengan usia beragam mulai dari kelahiran 96 sampai 65. Kami terbuka kepada siapa saja yang bergabung, coba saja dulu ikut gwes bareng, kalau semisal nyambung, nanti pasti dimasukkan ke grup," ujar Didit.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id