Olimpiade Tokyo Batal Jika Pandemi Berkepanjangan

    Kautsar Halim - 21 Mei 2020 14:55 WIB
    Olimpiade Tokyo Batal Jika Pandemi Berkepanjangan
    Presiden IOC, Thomas Bach. (Denis Balibouse / POOL / AFP)
    Jakarta: Olimpiade Tokyo yang ditunda hingga 2021 terpaksa dibatalkan jika pandemi virus korona berkepanjangan. Informasi ini datang langsung dari Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

    Pada Maret lalu, IOC dan pemerintah Jepang mengambil keputusan yang untuk menunda Olimpiade 2020 selama setahun yang sedianya bakal dimulai Juli nanti. Keputusan itu diambil lantaran wabah virus korona tengah memuncak.

    "Sejujurnya saya memiliki beberapa pemahaman untuk ini, karena anda tidak bisa selamanya mempekerjakan 3.000 atau 5.000 orang di Komite Penyelenggara," kata Bach kepada BBC seperti dilansir Reuters.

    "Anda tidak bisa setiap tahun mengubah seluruh jadwal olahraga di seluruh dunia dari semua federasi besar. Anda tidak bisa membuat para atlet berada dalam ketidakpastian," tambahnya.

    Meski begitu, Bach mengatakan IOC masih berkomitmen untuk mengadakan Olimpiade tahun depan dengan berbagai skenario dan strategi, termasuk karantina atlet. Selain itu, Jepang selaku tuan rumah juga punya gugus tugas khusus untuk mencari jalan keluar atas berbagai situasi nanti.

    "Semua skenario yang berbeda sedang dalam pertimbangan dan ini adalah tugas yang sangat besar. Pilihannya sangat banyak sehingga sulit untuk diatasi. Tapi kami akan mengambil keputusan dengan tepat apabila situasi di dunia sudah jelas pada 23 Juli 2021," tutup Bach.




    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id