Juara Dunia Panjat Tebing Hibahkan Medali ke Museum

    Ahmad Mustaqim - 29 Maret 2019 21:03 WIB
    Juara Dunia Panjat Tebing Hibahkan Medali ke Museum
    Atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu (kiri) saat menghibahkan medali ke pengelola museum olahraga. (Foto: Humas FPTI)
    Koleksi museum tersebut ada sekitar 4.000-an. Hibah dilakukan agar generasi muda bisa lebih berprestasi dari pendahulunya di kancah Asia hingga dunia.

    Yogyakarta: Peraih tiga medali emas kejuaraan panjat tebing internasional, Aries Susanti Rahayu menyerahkan sekaligus menghibahkan medalinya tersebut ke Museum Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sejumlah penghargaan lain yang didapatkannya, juga dihibahkan Aries. 

    Medali dan penghargaan yang dihibahkan antara lain, tiga medali emas IFSC World Cup Series, dua medali emas Asian Games 2018, tiga trofi Climbing Master Tournament, harnest, dan sepatu. 

    "Medali kejuaraan pertama di Congqing. Itu pertama kalinya menjadi juara dunia di World Cup Series 2018. Setelah itu Asian Games dapat dua medali emas, speed perorangan dan speed beregu," ujar Aries saat penyerahan hibah medali itu di salah satu hotel di Jalan Menteri Supeno, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Jumat 29 Maret 2019. 

    Ia mengungkapkan, seluruh medali yang dihibahkan itu didapatnya pada 2018. Khusus medali emas kejuaraan dunia panjat tebing, didapat di satu negara. 

    Baca juga: Sean Berupaya Raih Hasil Positif di Balapan Perdana

    "Lima kali kompetisi, dapat tiga emas beruntun di satu negara, di Cina (Tiongkok)," katanya. 

    Sementara itu, sepatu yang dihibahkannya merupakan perlengkapan yang selalu menemaninya selama latihan. Sepatu tersebut sudah menemaninya berlatih selama 1,5 tahun. Makanya, kondisi sepatu sudah ada lubang kecil di sejumlah sisi. 

    "Ini bukti kemarin (latihan sebelum) di Asian games 2018. Pertanda untuk saya hibahkan ke museum agar generasi muda bisa lebih berprestasi dari pendahulunya di kancah Asia hingga dunia," tuturnya. 

    Sementara itu, staf Museum Olahraga Kemenpora Muhammad Santoso, berterima kasih kepada Aries yang sudah menyerahkan aset berharganya tersebut. Menurut dia, pengelola sangat bersyukur museum olahraga mendapat hibah dari seorang juara dunia.

    Baca juga: Siswa SMA Jakarta Dilatih Juara Slam Dunk NBA

    "Memang lima tahun ke belakang kurang terlihat (penambahan koleksi museum), khususnya panjat tebing. Panjat tebing belum ada, khususnya perorangan. Hibah dari Mbak Aries ini kami sangat bersyukur sekali," ujarnya. 

    Sejauh ini, koleksi museum tersebut ada sekitar 4.000-an. Paling banyak koleksi dari atlet bulu tangkis, seperti raket, sepatu, kaos, dan celana. 

    "Ada yang dari Ricky Subagja, Susi Susanti, dan Alan Budikusuma. Masing-masing, rata-rata raket, kaos, celana, dan sepatu. Kami akan merawat, menjaga dan mengedukasi generasi penerus, khususnya pelajar untuk menjadi Mbak Aries-Mbak Aries selanjutnya," ucapnya.

    Video: Pengorbanan Roger Federer sebagai Petenis Dunia
     



    (RIZ)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id