Bob Hasan, Bapak Atletik Indonesia yang Menghasilkan Sederet Prestasi

    Patrick Pinaria - 31 Maret 2020 14:48 WIB
    Bob Hasan, Bapak Atletik Indonesia yang Menghasilkan Sederet Prestasi
    Ketua PB PASI Bob Hasan (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
    Jakarta: Kabar duka datang dari dunia atletik Indonesia. Tanah Air harus kehilangan Ketua PB PASI Bob Hasan. Sosok yang disebut bapak atletik Indonesia itu meninggal dunia pada Selasa 31 Maret.

    Bob menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) pukul 11.0O WIB. Ia meninggal pada usia 89 tahun setelah tak kuasa melawan kanker paru-paru.

    Kabar Bob meninggal dunia menjadi kehilangan mendalam bagi atletik Indonesia. Sebab, ia menjadi sosok yang berjasa untuk olahraga atletik Indonesia sehingga bisa berprestasi di level internasional di masa kepemimpinannya.

    Bob sudah memimpin PASI sejak 1976. Ia menggantikan Sayidiman Suryohadiprojo saat itu. 

    Sejak itu, posisi Bob tak tergantikan sebagai ketua PASI. Kepedulian dan kecintaan terhadap atletik Indonesia menjadi salah satu faktor terus mendapat kepercayaan memimpin PASI hingga saat ini. Bahkan, Bob diberikan gelar 'Bapak Atletik Indonesia'.

    Pada masa kepemimpinan Bob, PASI menghasilkan atlet-atlet berprestasi. Bukan hanya level nasional, tetapi juga sampai ke level internasional.

    Contoh saja Purnomo Yudhi. Jebolan PASI yang berhasil mengharumkan atletik Indonesia pada Olimpiade 1984 di Los Angeles. Pada ajang itu, Purnomo mampu meraih semifinal 100 meter putra. 

    Meski tak menyumbang medali, pencapaian Yudhi membanggakan. Bagaimana tidak. Ia sukses menjadi wakil Asia pertama lolos ke semifinal 100 meter dan dengan catatan waktu 10,30 detik.

    Mardi Lestari juga menjadi salah satu atlet berprestasi jebolan PASI. Ia muncul pada era 1980 hingga 1990-an. 

    Dalam periode itu, Mardi banyak menuai prestasi di SEA Games. Setidaknya ada empat medali emas diraihnya untuk Indonesia. Ia juga sukses menjadi pelari tercepat di Asia pada Olimpiade 1988 Seoul.

    Di era 2000an, PASI juga berhasil melahirkan sejumlah atlet seperti Suryo Agung, Triyaningsih, Maria Londa hingga Lalu Muhammad Zohri.

    Zohri menjadi atlet kebanggaan PASI di era Bob saat ini. Namanya mencuat setelah ia berhasil meraih medali emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Junior di Finlandia.

    Zohri juga memastikan diri tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. Kepastian itu didapatnya setelah berhasil meraih medali perunggu nomor 100 meter di Seiko Golden Grand Prix 2019.


    Video: Pelatih Hendry Saputra Berstatus PDP Covid-19

     



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id