Voli Putra Indonesia Sumbang Emas

    Achmad Firdaus - 10 Desember 2019 19:01 WIB
    Voli Putra Indonesia Sumbang Emas
    Tim voli Putra Indonesia di SEA Games 2017 Malaysia (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
    Manila: Indonesia berhasil menambah pundi-pundi emasnya di hari kesepuluh SEA Games 2019, Selasa 10 Desember. Emas ke-71 Indonesia disumbangkan tim bola voli putra yang sukses menumbangkan tuan rumah Filipina. Indonesia menang telak 3-0 (25-21, 27-25, 25-17).

    Duel Indonesia versus Filipina di final merupakan ulangan duel kedua tim di babak penyisihan grup. Saat itu, Indonesia sukses meraih kemenangan telak 3-0.

    Tampil di hadapan publik Filipina yang memadati Philsports Arena, tak lantas membuat para pemain Indonesia gugup. Rivan Nurmulki dan kawan-kawan tetap mampu tampil dominan, meski mendapat perlawanan yang cukup sengit dari pemain Filipina.

    Indonesia yang selalu unggul dalam perolehan angka akhirnya sukses membungkus kemenangan di set pertama usai challenge yang dilakukan terkait block touch pemain Filipina berhasil. Indonesia unggul 1-0 dengan skor 25-21.

    Tak ingin terus tertekan, Filipina langsung tampil agresif di set kedua. Mereka pun sempat unggul 10-13. Namun, situasi ini tidak bertahan lama. Perlahan tapi pasti, Indonesia berhasil mengejar perolehan poin dan berbalik unggul 22-20.

    Pertarungan kian sengit ketika Filipina berhasil memaksakan deuce usai menyamakan kedudukan 24-24. Dari sini, kedua tim terus kejar mengejar angka. Sayangnya, upaya Filipina untuk menyamakan kedudukan harus berakhir sia-sia. Sebuah blok yang dilakukan Yuda Mardiansyah Putra berhasil membawa Indonesia merebut set kedua dengan skor 27-25.

    Unggul 2-0, Indonesia tampil trengginas di set ketiga dan langsung membuka keunggulan empat poin. Kondisi ini membuat para pemain Indonesia kian rileks. Aksi-aksi menghibur pun mulai dipertontonkan. Salah satunya lewat aksi joget yang dilakukan Putu Wahyu Randu Pradana.

    Indonesia kian berada di atas angin setelah unggul 19-12. Momentum ini pun terus dipertahankan Indonesia hingga akhirnya membungkus kemenangan 25-17.

    Medali emas tim bola voli putra ini sekaligus mengakhiri dominasi Thailand yang selalu jadi juara di empat edisi terakhir, atau sejak SEA Games 2011.

    Bagi Indonesia, keberhasilan ini mengakhiri penantian 10 tahun di mana terakhir kali tim bola voli putra Indonesia jadi juara pada SEA Games 2009 di Laos.

    Secara keseluruhan, ini adalah gelar ke-10 Indonesia di pentas SEA Games. Jumlah ini sekaligus mempertegas dominasi Indonesia di cabor SEA Games. Indonesia mengungguli Thailand yang baru mengemas delapan gelar juara di pentas SEA Games.

    Emas yang dipersembahkan tim bola voli putra ini merupakan medali emas ke-71 yang diraih Indonesia di SEA Games 2019. Sayangnya, tambahan satu emas ini belum mampu mengatrol posisi Indonesia yang masih menduduki peringkat empat klasemen sementara medali, di bawah Filipina, Thailand dan Vietnam.



    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id