comscore

Hore! Sanksi Doping WADA Segera Dicabut, Pemerintah Bekerja Keras Lakukan Ini

MetroTV - 26 Oktober 2021 10:13 WIB
Hore! Sanksi Doping WADA Segera Dicabut, Pemerintah Bekerja Keras Lakukan Ini
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari. Foto: Tangkapan layar Metro TV
Athena: Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyebut 24 masalah yang perlu diselesaikan (pending matters) oleh Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) telah teratasi. Selain itu, persoalan sampel tes doping pun akan diselesaikan secepatnya.

"Kami bekerja secara tim dengan teman-teman dari LADI yang tadi pagi melaporkan bahwa dari 24 (pending matters) yang dipertanyakan, sudah selesai,” kata Raja Sapta dalam tayangan Metro Pagi Primetime, Selasa, 26 Oktober 2021.
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) bersama LADI pun akan melakukan tes uji coba dalam waktu dekat. Sebanyak 122 atlet akan dikumpulkan di Jakarta dan melakukan tes doping sekaligus.

"Akan dilakukan tes sekaligus dan mudah-mudahan akan selesai dalam waktu satu minggu. Dan setelah itu, kembali lagi ke WADA (World Anti-Doping Agency) dan mereka mungkin akan mempercepat prosesnya,” kata dia.

Raja Sapta mengatakan Presiden WADA Witold Banka dan Sekretaris Jenderal Olivier Niggli berjanji akan segera mencabut sanksi dari WADA, apabila semua sudah terpenuhi. WADA menyarankan adanya badan independen dari akademi, dokter atau unsur lainnya yang bisa bertanggung jawab, profesional, dan juga modern.

Baca: KOI Bertemu WADA Guna Bebaskan Sanksi LADI

Komunikasi yang tidak terlalu baik menjadi penyebab LADI terkena sanksi dari WADA. Namun, Raja Sapta menjelaskan masalah komunikasi tersebut kini telah teratasi. 

"Transisi dari pengurus lama ke pengurus baru, sehingga komunikasinya pun tidak terlalu baik. Bahkan email yang dikirimkan kepada saya itu ternyata alamat emailnya salah," ujar dia.

Raja Sapta sebelumnya membuka jalan komunikasi dengan menemui secara langsung Presiden dan Sekretaris Jenderal WADA. Dia bertemu para stakeholder itu di General Assembly Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) di Crete, Yunani, Minggu, 24 Oktober 2021 waktu setempat. (Widya Finola Ifani Putri)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id