Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

    Respons Kemenpora Usai Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda

    Alfa Mandalika - 25 Maret 2020 10:51 WIB
    Respons Kemenpora Usai Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda
    Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda. (Foto: AFP/Behrouz Mehri)
    Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menghormati keputusan penundaan Olimpiade Tokyo 2020 yang disepakati antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.
      
    Penundaan tersebut diputuskan dengan mempertimbangkan masih tingginya penyebaran wabah Covid-19 secara global dan dikhawatirkan mengancam keamanan dan keselamatan para atlet.
      
    "Kemenpora menghormati sepenuhnya pernyataan bersama IOC dan panitia Olimpiade Tokyo 2020. Seperti diketahui, Presiden IOC Thomas Bach dan Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo telah mengadakan video conference tentang kepastian Olimpiade Tokyo di tengah merebaknya wabah Covid-19," kata Sekretaris Kemenpora RI Gatot S. Dewa Broto.
      
    Kemenpora yang memantau pembicaraan tersebut, turut mengapresiasi sikap IOC dan pemerintah Jepang yang lebih mengutamakan keselamatan seluruh atlet dan semua pihak yang akan terlibat dalam olimpiade.

    "Sehubungan dengan penundaan sampai musim panas 2021, Kemenpora juga mendukung sepenuhnya kesepakatan yang memastikan bahwa Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung paling lambat tahun depan akan digabung dengan Paralimpiade, sehingga akan bernama Olympic and Paralympic Games Tokyo 2020," ujar Gatot. 

    Sebelum menyepakati penundaan, Abe sempat bersikukuh bahwa Olimpiade Tokyo bisa berlangsung sesuai jadwal. Namun munculnya desakan dan situasi yang masih tak memungkinkan, mendorong pemerintah Jepang agar membuat keputusan dengan IOC.
      
    "Keputusan (penundaan) ini untuk memastikan kesehatan para atlet dan semua orang yang terlibat di olimpiade serta komunitas internasional," kata Abe.
      
    Keputusan kedua belah pihak tersebut sekaligus menandai untuk pertama kalinya olimpiade mengalami penundaan dalam 124 tahun sejarah pelaksanaannya. Sebelumnya olimpiade pernah dibatalkan akibat dua perang dunia. (Ant)

    Video: Pelatih Hendry Saputra Berstatus PDP Covid-19



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id