comscore

Ogah Divaksin, Novak Djokovic Segera Dideportasi Pemerintah Australia

Adri Prima - 16 Januari 2022 21:12 WIB
Ogah Divaksin, Novak Djokovic Segera Dideportasi Pemerintah Australia
Novak Djokovic. Behrouz Mehri/AFP
Pemerintah Australia akan mendeportasi petenis nomor satu dunia Novak Djokovic yang diputuskan di Pengadilan Federal, Minggu, 16 Januari 2022.

Sebelumnya, Australia juga membatalkan visa Djokovic dengan alasan karena petenis Serbia itu tidak mau divaksinasi Covid-19 sehingga menimbulkan risiko bagi negara tersebut. 
Keputusan bulat oleh tiga hakim memberikan pukulan petenis peringkat teratas dunia itu untuk mengejar rekor kemenangan Grand Slam ke-21 di Australian Open setelah drama 10 hari kedatangannya di Australia. 

Djokovic pertama kali ditahan oleh otoritas imigrasi pada 6 Januari, diperintahkan dibebaskan oleh pengadilan pada 10 Januari, dan kemudian ditahan lagi pada Sabtu. 

Dalam sebuah pernyataan, Djokovic mengatakan dia sangat kecewa dengan keputusan tersebut karena hal itu berarti bahwa dia tidak bisa ambil bagian dalam turnamen, yang dimulai Senin, 17 Januari 2022 besok. 

"Saya menghormati putusan Pengadilan dan saya akan bekerja sama dengan otoritas terkait untuk kepergian saya dari negara ini," kata Djokovic dikutip dari Reuters. 

Djokovic telah mengajukan banding terhadap penggunaan kewenangan diskresi Menteri Imigrasi Alex Hawke untuk membatalkan visanya. Alex menilai Djokovic bisa menjadi ancaman bagi ketertiban umum karena kehadirannya akan mendorong sentimen anti-vaksin di tengah wabah virus korona yang memburuk di Australia. 

Menurut Undang-Undang Migrasi yang digunakan untuk membatalkan visa, Djokovic tidak akan bisa mendapatkan visa ke Australia selama tiga tahun, kecuali dalam keadaan memaksa yang mempengaruhi kepentingan Australia.

(PRI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id