comscore

Resmi, SEA Games Vietnam Bakal Bergulir pada Mei 2022

Kautsar Halim - 09 Desember 2021 10:07 WIB
Resmi, SEA Games Vietnam Bakal Bergulir pada Mei 2022
Ketua Komite Olimpiade Filipina Bambol Tolentino (kanan) menyerahkan bendera SEA Games kepada ofisial Vietnam. (TED ALJIBE / AFP)
Jakarta: Panitia SEA Games dan Komite Olimpiade Vietnam memastikan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara bakal bergulir pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi. Sebelumnya, SEA Games Vietnam dijadwalkan bergulir pada November 2021 tapi terpaksa diundur karena pandemi covid-19.

Kepastian tersebut didapat berdasarkan hasil rapat virtual South East Asia Games Federation (SEAGF) bersama negara-negara anggota ASEAN, Selasa 7 Desember.
“Resmi diputuskan SEA Games XXXI digelar 12-23 Mei dengan mempertandingkan 40 cabang olahraga dan 526 nomor pertandingan,” kata Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J. Kono dalam rilis pers, Rabu (8/12/2021).

SEA Games edisi kali ini tidak hanya akan digelar di Hanoi, tetapi juga kota-kota dan provinsi di sekitarnya. Penyelenggara memperkirakan sekitar 10.000 peserta, yang terdiri atas atlet, ofisial, wasit/juri, dan jurnalis akan datang ke Vietnam.

Pemilihan cabang olahraga dan event dilakukan setelah konsultasi bersama antara panitia penyelenggara, Komite Olimpiade Vietnam, dan federasi olahraga nasional Vietnam. Selain itu, pemilihan itu juga berdasarkan Piagam dan Peraturan SEAGF.

Akuatik menjadi cabang yang mempertandingkan nomor paling banyak, yaitu 48 nomor, disusul atletik dengan 47 nomor. Pada SEA Games kali ini, Xiangqi atau Catur China, akan dipertandingkan untuk pertama kalinya.

Dengan adanya kabar ini, setidaknya ada empat multievent yang diikuti Indonesia di sepanjang 2022, yaitu SEA Games (Mei), Islamic Solidarity Games (9-18 Agustus), Asian Games (10-25 September), dan Asian Youth Games (20-28 Desember). (ANT)


(KAH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id