Armand Duplantis Pecahkan Rekor Dunia Lompat Galah

    Kautsar Halim - 09 Februari 2020 15:29 WIB
    Armand Duplantis Pecahkan Rekor Dunia Lompat Galah
    Armand Duplantis. (MUSTAFA ABUMUNES / AFP)
    Louisiana: Atlet Swedia, Armand Duplantis, berhasil memecahkan rekor dunia lompat galah. Prestasi itu ia raih ketika mengikuti turnamen indoor di Torun, Polandia pada Sabtu 8 Februari waktu setempat.

    Lompatan terbaik Duplantis saat itu adalah 6,17 meter. Dia mampu melompat 1 centimeter lebih tinggi ketimbang juara Olimpiade 2012 asal Prancis, Renaud Lavillenie, yang memegang rekor itu sebelumnya.

    Duplantis yang biasa dipanggil Mondo sudah memastikan diri tampil di Olimpiade 2020 Tokyo dan difavoritkan meraih emas. Dia lebih memilih membela Swedia, meskipun tinggal di Louisiana, Amerika Serikat.

    Keputusan Duplantis membela Swedia bisa dibilang pilihan cerdas. Sebab, dia tidak perlu melalui ketatnya seleksi di Amerika Serikat dan bakal punya waktu lebih banyak untuk menjaga kebugaran. Sejauh ini, AS sudah punya tiga atlet lompat galah kelas dunia.

    Duplantis berasal dari keluarga yang berlatar belakang atlet elite di Louisiana State University (LSU). Dia belajar atletik di sana dan Helena selaku ibunya berstatus sebagai atlet heptathlete dan bola voli LSU.

    Duplantis yang kini berusia 20 tahun bisa memilih menjadi warga negara Swedia karena merupakan tanah kelahiran ibunya. Dia memiliki dua kewarganegaraan sejak berusia 7 tahun dan harus memilih salah satunya ketika ingin berkompetisi di level internasional. (nytimes.com)



    (KAH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id